Tautan-tautan Akses

Pengacara: Snowden Ingin Kembali ke Amerika


Edward Snowden

Edward Snowden

Seorang pengacara untuk Edward Snowden dari Rusia mengatakan Selasa (3/3), buronan mantan kontraktor bagi CIA yang membocorkan rincian mengenai program pengintaian oleh pemerintah AS ini bekerja sama dengan pengacara Amerika dan Jerman untuk kembali ke negaranya.

Anatoly Kucherena, yang mempunyai hubungan dengan Kremlin, bicara di sebuah konferensi pers untuk meluncurkan buku yang ia tulis mengenai kliennya. Moskow memberikan Snowden suaka pada tahun 2013, langkah yang menyebabkan hubungan Rusia dengan AS yang sudah tegang semakin memburuk.

"Saya tidak akan merahasiakan bahwa... ia ingin kembali ke tempat tinggalnya. Dan kita mengupayakan segala cara untuk memecahkan isu ini. Ada sekelompok pengacara Amerika, dan juga pengacara Jerman dan saya membantunya dari sisi Rusia," ujar Kucherena.

Amerika Serikat ingin mengadili Snowden atas tudugan membocorkan rahasia mengenai program pengintaian elektronik yang dilakukan oleh Agen Keamanan Nasional (NSA).

Rusia telah berkali-kali menolak untuk mengektradisi Snowden.

Snowden sudah pernah mengatakan sebelumnya bahwa ia ingin kembali ke Amerika jika ia dijamin akan mendapat proses hukum yang adil.

Snowden dipuji sebagai pembocor rahasia (whistle blower) dan pejuang hak-hak sipil, namun tak sedikit juga yang menghujatnya sebagai pengkhianat yang mengancam keamanan dalam negeri AS. Kucherena mengatakan Agustus lalu, Snowden telah diberikan izin tinggal selama tiga tahun oleh pemerintah Rusia.

XS
SM
MD
LG