Tautan-tautan Akses

Pejabat Keuangan Dunia Janji Lebih Kuat Dorong Perekonomian


Direktur pengelola IMF, Christine Lagarde pada konferensi pers di Washington DC (14/4).

Direktur pengelola IMF, Christine Lagarde pada konferensi pers di Washington DC (14/4).

Pejabat-pejabat dari seluruh dunia berjanji akan melakukan upaya yang lebih kuat untuk mendorong perekonomian dunia yang lamban.

Dalam komunike yang dikeluarkan hari Sabtu (16/4), anggota-anggota Dana Moneter Internasional (IMF) mengatakan akan “bekerja keras, berkelanjutan, berorientasi pada penciptaan lapangan kerja dan pertumbuhan ekonomi dunia yang lebih seimbang.”

Direktur pengelola IMF, Christine Lagarde mengatakan, “Kini jelas, pertanyaan seperti “seberapa besar yang bisa dilakukan ketika Anda kembali ke negara masing-masing? Seberapa besar kekuatan politik yang dibutuhkan dan akankah mereka mewujudkan hal itu? Ini hal yang akan kita nilai, kita hitung dan kita akan kembali untuk menyampaikan seberapa besar yang telah dicapai.”

Pernyataan ini disampaikan Lagarde dalam pertemuan antara IMF dan Bank Dunia di Washington akhir pekan lalu, yang menyerukan dilanjutkannya kebijakan tingkat suku bunga yang rendah dan tambahan pengeluaran pemerintah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi.

Pejabat-pejabat ekonomi dan keuangan juga menyerukan reformasi keuangan dalam banyak bidang, termasuk perbankan, dan upaya mempersulit kelompok-kelompok kaya menyembunyikan kekayaan mereka sebagaimana terungkap dalam skandal “Panama Papers”. [em]

XS
SM
MD
LG