Tautan-tautan Akses

IMF Serukan Tingkat Suku Bunga Tetap Rendah, Lebih Banyak Reformasi


Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde dan Kepala Komite Finansial IMF Agustín Carstens dalam konferensi pers di Washington (16/4). (AP/Jose Luis Magana)

Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde dan Kepala Komite Finansial IMF Agustín Carstens dalam konferensi pers di Washington (16/4). (AP/Jose Luis Magana)

IMF mengatakan ekonomi global tumbuh “sedikit” dengan prospek yang melemah dan bahwa perdagangan terus mengalami “kemunduran yang signifikan.”

Para pejabat keuangan dari seluruh dunia berjanji akan melakukan upaya yang lebih besar untuk menggairahkan ekonomi yang lesu.

Dalam sebuah komunike yang dirilis Sabtu (16/4), para anggota Dana Moneter Internasional (IMF) mengatakan akan mengupayakan “pertumbuhan global yang kuat, berkelanjutan, banyak lapangan kerja dan lebih seimbang.”

Komentar tersebut disampaikan dalam pertemuan pekan ini antara IMF dan Bank Dunia di Washington. Mereka juga menyerukan agar tingkat suku bunga tetap rendah dan agar pemerintah meningkatkan pembelanjaan untuk mendorong pertumbuhan.

Para pejabat tinggi finansial dan ekonomi itu juga menyerukan dilakukannya reformasi keuangan dalam banyak bidang, termasuk perbankan. Di tengah maraknya skandal Dokumen Panama, mereka juga menyerukan upaya untuk mempersulit penghindaran pajak.

Para pakar IMF mengatakan ekonomi global tumbuh “sedikit” dengan prospek yang melemah dalam beberapa bulan ini. Mereka memperingatkan bahwa perdagangan terus mengalami “kemunduran yang signifikan.”

Mereka juga memperingatkan bahwa harga-harga komoditi yang jatuh, termasuk minyak, telah merugikan para eksportir dan tidak membantu negara-negara importir, berlawanan dengan perkiraan para ekonom. [vm]

XS
SM
MD
LG