Tautan-tautan Akses

Pejabat Amerika Tetapkan Strategi Kontra-Terorisme Baru


John Brennan, penasehat tinggi urusan kontra-terorisme AS.

John Brennan, penasehat tinggi urusan kontra-terorisme AS.

John Brennan mengatakan AS dan mitra-mitranya telah berhasil menghentikan arus dana Al Qaida dan menghancurkan kepemimpinannya.

Pemerintah Amerika telah menetapkan sebuah strategi kontra-terorisme nasional baru, dengan mengatakan Al Qaida sudah sangat lemah karena meningkatnya tekanan terhadap organisasi itu.

John Brennan, penasehat tinggi urusan kontra-terorisme pemerintah Obama, menyampaikan komentar tersebut hari Rabu. Ia mengatakan Amerika dan mitra-mitranya, termasuk Pakistan dan Yaman, telah menghentikan arus dana bagi Al Qaida dan menghancurkan jajaran kepemimpinannya, dengan pembunuhan Osama bin Laden dalam aksi serbuan oleh pasukan khusus Amerika di Pakistan bulan lalu.

Dalam pidato di Universitas John Hopkins, John Brennan yang juga mantan pejabat CIA mengatakan, apa yang disebut pergolakan negara-negara Arab di Timur Tengah atau “Arab Spring” telah merusak ideologi Al Qaida dan kemampuannya melakukan rekrutmen baru.

Namun, ia juga mengatakan organisasi-organisasi teror dan negara-negara yang mendukung mereka mungkin akan berupaya memanfaatkan ketidakstabilan yang sewaktu-waktu bisa terjadi.

John Brennan menyebut empat prinsip utama dalam upaya kontra-terorisme Amerika, yaitu tetap mengikuti nilai-nilai inti Amerika, membangun ketahanan untuk pulih dari serangan musuh, membangun kemitraan kontra-terorisme dengan negara-negara lain, dan menggunakan peralatan yang tepat dan kemampuan untuk menyerang para teroris.

XS
SM
MD
LG