Tautan-tautan Akses

CIA Bangun Pangkalan Pesawat Rahasia di Timur-Tengah


CIA mempersiapkan pesawat tak berawak untuk menyerang sasaran-sasaran militan di Yaman selatan.

CIA mempersiapkan pesawat tak berawak untuk menyerang sasaran-sasaran militan di Yaman selatan.

Pangkalan udara rahasia itu akan digunakan untuk melakukan serangan pesawat tak berawak terhadap para teroris di Yaman.

Media Amerika melaporkan Badan Intelijens Pusat Amerika, CIA, sedang membangun pangkalan udara rahasia di Timur-Tengah untuk digunakan bagi serangan pesawat tak berawak terhadap teroris di Yaman.

Associated Press, yang pertama kali melaporkan rencana pembangunan itu, mengutip pejabat Amerika yang tidak disebut namanya mengatakan pangkalan tersebut, di lokasi yang tidak dungkapkan, dapat mulai digunakan sebelum akhir tahun ini.

Pembangunan pangkalan itu dilakukan pada saat pemerintah Amerika semakin khawatir akan al-Qaida yang berpangkalan di Yaman, di semenanjung Arab.

Kelompok itu telah berusaha melakukan serangan teroris terhadap Amerika Serikat dan telah menguasai daerah yang luas di Yaman dalam bulan-bulan kerusuhan sipil dan demonstrasi menentang Presiden Yaman Ali Abdullah Saleh.

Pemerintah Yaman telah mengizinkan beberapa operasi militer Amerika di negara itu dan sekarang mengizinkan perluasan serangan terhadap al-Qaida.

Para pejabat Amerika mengatakan pembangunan pangkalan udara CIA itu menunjukkan pemerintahan Obama memandang pesawat tak berawak sebagai senjata penting melawan teroris. Serangan pesawat tak berawak sering dilakukan di Pakistan, walaupun Amerika Serikat tidak mengakuinya secara terbuka.

XS
SM
MD
LG