Tautan-tautan Akses

Para Pemimpin Dunia ke Afrika Selatan untuk Hormati Mandela


Presiden AS Barack Obama dan ibu negara Michelle Obama berangkat dari pangkalan udara Andrews menuju Johannesburg, Afrika Selatan (9/12).

Presiden AS Barack Obama dan ibu negara Michelle Obama berangkat dari pangkalan udara Andrews menuju Johannesburg, Afrika Selatan (9/12).

Para pemimpin dunia berkunjung ke Afrika Selatan untuk menghadiri upacara penghormatan hari Selasa (10/12) bagi Nelson Mandela.

Pemimpin-pemimpin dunia berkunjung ke Afrika Selatan untuk menghadiri upacara penghormatan hari Selasa bagi Nelson Mandela, pemimpin anti-apartheid yang meninggal pekan lalu pada usia 95 tahun.

Presiden Amerika Barack Obama meninggalkan Washington Senin pagi, didampingi Ibu Negara Michelle Obama dan mantan Presiden George W. Bush dan istrinya Laura.

Mantan Presiden Bill Clinton dan Jimmy Carter melakukan perjalanan terpisah ke Johannesburg, di mana upacara penghormatan utama akan diselenggarakan di stadion Soccer City, tempat penyelenggaraan Piala Dunia 2010.

Afrika Selatan mengatakan lebih dari 80 kepala negara, anggota kerajaan dan pejabat tinggi pemerintah dari seluruh dunia diperkirakan hadir dalam upacara penghormatan kepada Mandela. Ia menjadi presiden kulit hitam pertama Afrika Selatan pada tahun 1990-an setelah dipenjara selama 27 tahun karena memimpin perjuangan menentang pemerintahan apartheid kulit putih di Afrika Selatan.

Menteri Luar Negeri Afrika Selatan Maite Knoana-Mashabane mengatakan "belum pernah terjadi sebelumnya" demikian banyak pemimpin dunia ingin menghadiri acara ini, yang akan diselenggarakan dengan pengamanan ketat. Obama termasuk di antara tamu yang akan berpidato dihadapan hadirin yang diperkirakan berjumlah 80.000 orang.

Perdana Menteri Inggris David Cameron, Presiden Prancis Francois Hollande, Presiden Brazil Dilma Rousseff, Presiden Kuba Raul Castro dan Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon termasuk diantara pemimpin dunia yang telah mengatakan kepada pemerintah Afrika Selatan berencana menghadiri upacara penghormatan bagi Mandela itu.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG