Tautan-tautan Akses

Mandela Tak Ditunjang Peralatan Medis Saat Terakhir Hidupnya


Menjelang kematiannya, Nelson Mandela tidak ditunjang peralatan medis dan dikelilingi anggota keluarga serta para dokter (foto: dok).

Menjelang kematiannya, Nelson Mandela tidak ditunjang peralatan medis dan dikelilingi anggota keluarga serta para dokter (foto: dok).

Seorang mantan Wakil Menteri pada kabinet Mandela mengatakan Mandela akhirnya menyerah pada penyakitnya dan tidak ditunjang peralatan medis saat akhir hidupnya.

Seorang sahabat keluarga yang mendampingi saat-saat terakhir Nelson Mandela hari Minggu mengatakan menjelang kematiannya Mandela tidak ditunjang peralatan medis dan dikelilingi anggota keluarga serta para dokter.

Bantu Holomisa mengatakan kepada kantor berita Associated Press bahwa ia dipanggil keluarga Mandela hari Kamis (5/12) sehingga bisa bertemu sahabat lamanya sebelum meninggal.

Holomisa mengatakan istri Mandela, Graca Machel dan mantan isterinya Winnie, salah seorang anak perempuan Mandela dan beberapa cucunya berada di rumah itu.

Mandela, usia 95 tahun dirawat secara intensif di rumahnya di kawasan Houghton di Johannesburg sejak keluar dari RS, 1 September di mana ia dirawat hampir 3 bulan karena kembali menderita infeksi paru-paru.

Mandela tampak terbaring tenang tapi Holomisa, seorang mantan Wakil Menteri pada kabinet Mandela mengatakan Mandela akhirnya menyerah pada penyakitnya.

Holomisa mengatakan sebelumnya sempat bertemu Mandela di Rumah Sakit. Keluarga Mandela dan pemerintah Afrika Selatan tidak merinci saat-saat terakhir dan penyebab kematian Mandela.

Kesaksian Holomisa yang mengatakan mengenal Mandela sejak keluar penjara tahun 1990, mengungkap kondisi terakhir masa hidup Mandela dan suasana di rumah Mandela ketika itu.
XS
SM
MD
LG