Tautan-tautan Akses

Obama dan 3 Mantan Presiden AS dalam Perjalanan ke Afrika Selatan


Presiden Obama saat menyampaikan ucapan belasungkawanya atas wafatnya Nelson Mandela, Kamis (5/12).

Presiden Obama saat menyampaikan ucapan belasungkawanya atas wafatnya Nelson Mandela, Kamis (5/12).

Presiden Barack Obama meninggalkan Washington hari Senin pagi, ditemani ibu negara Michelle Obama, dan mantan Presiden George W. Bush, dan istrinya, Laura, untuk menghadiri acara mengenang Nelson Mandela.

Para pemimpin dunia berangkat ke Afrika Selatan untuk menghadiri acara mengenang Nelson Mandela, tokoh anti-aparteid yang meninggal dunia pekan lalu pada usia 95 tahun, yang rencananya akan dilangsungkan Selasa.

Presiden Barack Obama meninggalkan Washington hari Senin pagi, ditemani ibu negara Michelle Obama, dan mantan Presiden George W. Bush, dan istrinya, Laura. Mantan presiden Bill Clinton dan Jimmy Carter juga melakukan perjalanan secara terpisah ke Johannesburg, dimana acara akan diselenggarakan di Stadion Sepakbola, tempat berlangsungnya final Piala Dunia 2010.

George H.W. Bush adalah satu-satunya mantan presiden yang masih hidup yang tidak akan menghadiri acara tersebut. Menurut jurubicaranya, Bush senior yang berusia 89 tahun itu tidak lagi dapat melakukan perjalanan jauh.

Menteri Luar Negeri Afrika Selatan Maite Knoana-Mashabane mengatakan ada minat yang belum pernah terjadi sebelumnya dari pemimpin dunia yang ingin menghadiri acara yang akan diselenggarakan di bawah pengamanan ketat.

Perdana Menteri Inggris David Cameron, Presiden Iran Hassan Rouhani, Presiden Cuba Raul Castro dan Sekjen PBB Ban Ki-moon termasuk di antara mereka yang diperkirakan akan menghadiri acara mengenang Mandela, yang setelah mendekam di penjara selama 27 tahun akhirnya menjadi presiden kulit hitam pertama Afrika Selatan
XS
SM
MD
LG