Tautan-tautan Akses

Para Pekerja Yunani Gelar Protes Anti Penghematan


Para pekerja kesehatan Yunani melakukan aksi mogok dan unjuk rasa di depan gedung parlemen di Athena (13/10).

Para pekerja kesehatan Yunani melakukan aksi mogok dan unjuk rasa di depan gedung parlemen di Athena (13/10).

Protes di Yunani itu berlangsung sementara pejabat Eropa menyuarakan kekhawatiran baru tentang dampak dari krisis utang Eropa.

Gelombang baru pekerja Yunani menggelar aksi mogok hari Kamis dalam protes yang memuncak untuk menentang upaya pemerintah dalam menerapkan langkah-langkah penghematan guna memuaskan kreditor internasional.

Transportasi umum berhenti di Athena, sementara pekerja perusahaan listrik berusaha memblokir upaya pengumpulan pajak properti baru dan para pengacara menolak hadir di pengadilan.

Para karyawan listrik mengatakan perusahaan listrik tidak boleh digunakan sebagai pemungut pajak, dimana pelanggan diancam dengan pemadaman listrik jika mereka tidak membayar pajak.

Protes di Yunani itu berlangsung sementara pejabat Eropa menyuarakan kekhawatiran baru tentang dampak dari krisis utang pemerintah di benua tersebut. Krisis ini telah mengguncang pasar saham internasional selama berminggu-minggu, dengan nilai saham anjlok lagi Kamis di bursa London, Paris dan Frankfurt.

Kementerian Keuangan Perancis menyatakan bank-bank yang sangat terlibat dengan utang Yunani mungkin harus menanggung kerugian lebih dari 21 persen seperti yang diusulkan dalam perjanjian Juli yang menyerukan dana talangan kedua untuk pemerintah Athena. Beberapa pejabat menyatakan kerugian bank atas sekuritas Yunani bisa mencapai 50 persen.

XS
SM
MD
LG