Tautan-tautan Akses

Aksi Mogok Kerja Warnai Rencana Kebijakan Baru Pemerintah Yunani


Pelajar SMA memblokir gedung parlemen Yunani di Athena dengan bermain kartu (3/10), terkait kebijakan pemerintah untuk penghematan dalam upaya mengatasi krisis ekonomi (foto:dok).

Pelajar SMA memblokir gedung parlemen Yunani di Athena dengan bermain kartu (3/10), terkait kebijakan pemerintah untuk penghematan dalam upaya mengatasi krisis ekonomi (foto:dok).

Kebijakan baru pemerintah Yunani untuk penghematan dalam menghadapi krisis ekonomi memicu demo dan aksi mogok kerja, Selasa (06/10).

Pengunjuk rasa terus melancarkan aksi demonstrasi dan mogok kerja untuk menunjukkan ketidaksenangan atas rencana penghematan terbaru Yunani. Mereka menutup pintu masuk ke beberapa gedung-gedung pemerintah hari Selasa, termasuk kementrian keuangan dan kementerian tenaga kerja Yunani.

Para demonstran menyatakan tidak ingin kehilangan pekerjaan atau gaji mereka dikurangi sebagai akibat perluasan langkah-langkah penghematan guna menenangkan pemberi pinjaman kredit internasional dan mencegah krisis ekonomi lebih lanjut.

Pejabat-pejabat Yunani memperkirakan pemogokan hari Rabu itu berdampak pada banyak layanan publik.

Pemogokan tersebut memaksa sebagian besar maskapai penerbangan komersial membatalkan penerbangan ke dan dari Athena. Aegean Air mengatakan semua penerbangan hari Rabu dibatalkan karena pengendali lalu lintas udara ikut mogok kerja. Layanan bus dan kereta api juga diperkirakan terganggu.

Anggota zona euro dan Dana Moneter Internasional mencoba memutuskan apakah akan mengucurkan pinjaman berikutnya. Sebelum mengucurkan pinjaman lagi, masyarakat internasional ingin melihat penghematan yang signifikan oleh pemerintah Yunani.

Hari Minggu, Yunani mengumumkan tidak bisa mencapai tujuan pengurangan utang hampir satu persen.

XS
SM
MD
LG