Tautan-tautan Akses

Studi: Bunuh Diri dan Penyakit Meningkat di Yunani


Permintaan layanan medis menurun terkait memburuknya krisis ekonomi di Eropa (foto:ilustrasi).

Permintaan layanan medis menurun terkait memburuknya krisis ekonomi di Eropa (foto:ilustrasi).

Penelitian di Inggris yang dimuat dalam jurnal kesehatan 'The Lancet' melaporkan meningkatnya kasus bunuh diri dan penyakit di Yunani serta berkurangnya permintaan layanan medis.

Sebuah lembaga penelitian di Inggris mengatakan krisis ekonomi Yunani telah memperburuk kondisi kesehatan masyarakat di negara itu, dengan meningkatnya jumlah kasus bunuh diri dan perilaku berisiko, serta berkurangnya jumlah orang yang meminta bantuan medis.

Penelitian yang di publikasikan dalam jurnal kesehatan The Lancet itu memperkirakan kenaikan 52 persen kasus penyakit AIDS tahun ini karena prostitusi dan perilaku seks yang tidak aman.

Studi itu juga melaporkan meningkatnya penggunaan heroin di Yunani. Studi itu mengatakan lebih banyak orang menderita depresi berat dan banyak yang enggan menjalani perawatan kesehatan karena anggaran perawatan kesehatan pemerintah telah dipotong.

Namun, laporan ini mencatat konsumsi alkohol dan mengemudi dalam keadaan mabuk jumlahnya menurun.

Tetapi para penulis studi itu mengatakan secara keseluruhan, mereka khawatir tentang kondisi kesehatan di Yunani, dan menyatakan masyarakat umum kehilangan akses layanan kesehatan dan layanan pencegahan medis selagi pemerintah berupaya membayar utang-utangnya.

XS
SM
MD
LG