Tautan-tautan Akses

Panglima AS di Afrika Khawatir 3 Kelompok Teroris Berkolaborasi


Panglima operasi militer Amerika di Afrika, Jendral Carter Ham (foto:dok).

Panglima operasi militer Amerika di Afrika, Jendral Carter Ham (foto:dok).

Panglima AS untuk Afrika, Carter Ham khawatir tiga kelompok teroris yang berbasis di Afrika akan bekerjasama untuk menarget negara-negara Barat sebagai sasaran.

Panglima operasi militer Amerika di Afrika mengatakan dia sangat khawatir bahwa tiga kelompok teroris terkenal di Afrika akan saling berhubungan dan mengancam Amerika.

Jenderal Carter Ham mengatakan kepada wartawan di Washington, Rabu, bahwa kelompok-kelompok yang berbasis di Afrika dengan tegas dan terbuka mengatakan, mereka akan menjadikan warga Barat sebagai sasaran, khususnya warga Amerika.

Katanya, tiga kelompok itu yang mengeluarkan ancaman terbesar adalah kelompok Al Qaida Maghreb (cabang Afrika Utara) yang berpusat di Aljazair, kelompok Al Shabab yang menguasai banyak wilayah Somalia, serta kelompok militan Boko Haram yang menyatakan bertanggung jawab melakukan pemboman yang menimbulkan korban jiwa di Nigeria.

Jenderal Ham mengatakan, ketiga kelompok itu berbicara tentang rencana untuk bekerjasama erat dan mengadakan latihan dan operasi bersama.

Jenderal Ham tidak bersedia membahas langkah-langkah kontra terorisme khusus yang dilakukan Amerika di Afrika. Jenderal Ham mengatakan, ia senang bahwa para pemimpin ekstremis tidak tahu di mana pasukan Amerika berada, apa yang dilakukan, dan apa yang mungkin akan dilakukan.

XS
SM
MD
LG