Tautan-tautan Akses

Pejabat AS: AS akan Serang Teroris di Negara yang Tak Bersedia Bertindak


John Brennan, penasihat senior Gedung Putih bidang kontraterorisme dan keamanan dalam negeri.

John Brennan, penasihat senior Gedung Putih bidang kontraterorisme dan keamanan dalam negeri.

John Brennan, penasihat senior Gedung Putih, menyatakan demikian dalam pidato hari Jumat di Fakultas Hukum Universitas Harvard.

Seorang pejabat tinggi Amerika mengatakan Amerika akan terus menjadikan al-Qaida sebagai sasaran serangan di negara-negara yang tidak mampu atau tidak bersedia melakukannya sendiri.

John Brennan, penasihat senior Gedung Putih dalam bidang kontraterorisme dan keamanan dalam negeri, menyatakan demikian dalam pidato hari Jumat di Fakultas Hukum Universitas Harvard.

Dia mengatakan Amerika tidak memandang otoritasnya untuk menggunakan kekuatan militer terhadap al-Qaida terbatas semata-mata untuk medan tempur yang sedang berkecamuk saja seperti di Afghanistan.

Namun, Brennan menambahkan Amerika tidak dapat menggunakan kekuatan militernya “kapan saja” atau “di mana saja” yang diinginkannya.

Dia mengatakan “azas hukum internasional, termasuk penghormatan terhadap kedaulatan sebuah negara dan hukum perang, memberlakukan pembatasan penting” atas kemampuan Amerika untuk bertindak secara sepihak, dan penggunaan kekuatan militer di wilayah asing.

XS
SM
MD
LG