Tautan-tautan Akses

Pakistan Protes Afghanistan soal Serangan Lintas Batas


Tentara Pakistan melakukan patroli di Waziristan dekat perbatasan Afghanistan, yang rawan serangan militan Taliban dan al-Qaida (foto: dok).

Tentara Pakistan melakukan patroli di Waziristan dekat perbatasan Afghanistan, yang rawan serangan militan Taliban dan al-Qaida (foto: dok).

Pakistan hari Senin mengajukan protes resmi terhadap Afghanistan setelah serangan lintas perbatasan yang menurut militer Pakistan menewaskan 13 tentara.

Pihak berwenang Pakistan mengatakan lebih dari 100 militan dari Afghanistan Minggu malam menyerang tentara Pakistan di wilayah Dir Atas, Pakistan barat laut.

Militer Pakistan mengatakan enam tentara dan 14 penyerang tewas dalam bentrokan menyusul serangan itu, sementara tujuh tentara hilang dan kemudian ditemukan terpenggal kepalanya.

Kelompok Taliban Pakistan mengaku bertanggung jawab atas serangan itu.

Militer Pakistan hari Senin memrotes keras militer Afghanistan atas serangan itu karena “tidak mengambil tindakan terhadap penjahat di tempat-tempat berlindung aman di Afghanistan.”

Perdana Menteri Pakistan yang baru terpilih, Raja Pervez Ashraf mengatakan akan membahas masalah itu dengan Presiden Afghanistan Hamid Karzai.

Tetapi juru bicara Kementerian Pertahanan Afghanistan, Zahir Azimi, memberitahu VOA tuduhan bahwa militan dari Afghanistan menyeberang perbatasan dan membunuh enam tentara Pakistan itu “salah dan tidak berdasar.”
XS
SM
MD
LG