Tautan-tautan Akses

Pakistan, India Lakukan Pembicaraan soal Gletser Siachen


Delegasi Pakistan (kiri) dan India melakukan pembicaraan mengenai demiliterisasi di kawasan Gletser Siachen.

Delegasi Pakistan (kiri) dan India melakukan pembicaraan mengenai demiliterisasi di kawasan Gletser Siachen.

Menteri Pertahanan kedua negara membahas apakah akan melakukan demiliterisasi di gletser Siachen, yang dikenal sebagai medan tempur tertinggi di dunia.

Pakistan dan India mengadakan pembicaraan mengenai apakah akan menyepakati demiliterisasi di kawasan gletser Siachen, yang dikenal sebagai medan tempur tertinggi di dunia.

Pertemuan dua hari yang dimulai hari Senin di kota Rawalpindi, Pakistan, itu merupakan putaran pembicaraan ke-13 dan merupakan yang pertama bagi kedua pihak membahas isu itu sejak April, sewaktu salju longsor menimbun 140 tentara Pakistan dan staf yang ditempatkan di markas Siachen. Lokasi ini terletak pada ketinggian 4.000 meter dan hanya beberapa kilometer dari pos perbatasan India.

Insiden tersebut mendorong dikeluarkannya imbauan bagi Pakistan dan India untuk menarik pasukan mereka dari wilayah gletser yang disengketakan, di mana tentara yang meninggal akibat cuaca buruk jumlahnya lebih banyak daripada yang gugur dalam pertempuran.

Menteri Pertahanan India Shashikant Sharma bertemu dengan sejawatnya, Menteri Pertahanan Pakistan Nargis Sethi. Kedua pejabat diperkirakan mengeluarkan pernyataan bersama pada akhir pembicaraan hari Selasa.

Editor surat kabar India Hindu, Siddharth Varadarajan, mengatakan kepada VOA ((Urdu Service)) bahwa terlalu ambisius bila menganggap terobosan sudah menjelang, namun cepat atau lambat, kedua negara akan mencari cara untuk mengakhiri konflik mengenai gletser, yang secara strategi sama sekali tidak berarti.
XS
SM
MD
LG