Tautan-tautan Akses

Amerika Serikat-India Perkuat Kerjasama Militer


Menteri Pertahanan AS, Leon Panetta (depan kiri) berdampingan dengan Menteri Pertahanan India A.K Anthony di New Delhi, India (6/6).

Menteri Pertahanan AS, Leon Panetta (depan kiri) berdampingan dengan Menteri Pertahanan India A.K Anthony di New Delhi, India (6/6).

Menteri Pertahanan AS Leon Panetta dan Menteri Pertahanan India A.K. Antony membicarakan upaya untuk memperkuat kerjasama militer antara kedua negara, Rabu (6/6).

Pentagon mengatakan Menteri Pertahanan Amerika Leon Panetta mengadakan pertemuan yang produktif dengan menteri pertahanan India, sebelum mengucapkan pidato kebijakan mengenai hubungan pertahanan Amerika-India.

Sebelum pembicaraan hari Rabu di New Delhi, Pentagon mengatakan Panetta dan Menteri Pertahanan India A.K. Antony akan membicarakan upaya untuk memperkuat kerjasama militer antara kedua negara.

Panetta menyelesaikan kunjungan dua hari di India, dan mendorong negara tersebut agar dapat berperan lebih aktif di Afghanistan serta membicarakan masalah keamanan regional yang lebih luas.

Sebelumnya hari Rabu, ia turut dalam upacara peletakan karangan bunga di makam pahlawan perang India dan disambut oleh pengawal kehormatan.

India telah menyediakan bantuan dua miliar dolar untuk Afghanistan dan kedua negara menanda-tangani persetujuan strategi yang menjanjikan hubungan keamanan dan ekonomi yang lebih dalam bulan Oktober lalu. India sudah membantu pasukan keamanan Afghanistan yang tengah bersiap untuk penarikan pasukan internasional, yang akan diselesaikan sebelum akhir tahun 2014.
XS
SM
MD
LG