Tautan-tautan Akses

Oxfam: 8 Orang Miliki Kekayaan Setara Separuh Penduduk Dunia


Bill Gates keluar dari lobi Trump Tower di Manhattan, kota New York (13/12). (Reuters/Andrew Kelly)
Bill Gates keluar dari lobi Trump Tower di Manhattan, kota New York (13/12). (Reuters/Andrew Kelly)

Organisasi anti-kemiskinan Oxfam mengatakan kesenjangan antara yang sangat kaya dan miskin jauh lebih besar dari setahun lalu.

Kesenjangan antara orang super kaya dan separuh penduduk paling miskin di dunia lebih lebar dari perkiraan sebelumnya, dengan hanya delapan orang, dari Bill Gates sampai Michael Bloomberg, memiliki kekayaan setara dengan yang dimiliki 3,6 miliar orang. Demikian hasil analisis Oxfam yang dirilis hari Senin (16/1).

Menyajikan temuannya dalam pertemuan tahunan elit politik dan bisnis global di Davos, kota resor ski di Swiss, organisasi anti-kemiskinan Oxfam mengatakan kesenjangan antara yang sangat kaya dan miskin jauh lebih besar dari setahun lalu. Hal ini mendesak para pemimpin untuk lebih banyak bertindak daripada sekadar bicara mengenai masalah itu, kata mereka.

Jika tidak, organisasi itu memperingatkan, kemarahan publik atas ketimpangan seperti itu akan terus tumbuh dan menyebabkan perubahan politik besar seperti terpilihnya Donald Trump sebagai presiden Amerika tahun lalu dan Inggris yang memutuskan keluar dari Uni Eropa.

Laporan sama tahun sebelumnya mendapati, 62 orang terkaya di planet ini memiliki kekayaan sebanyak separuh penduduk paling miskin. Namun, Oxfam merevisi turun angka itu menjadi sembilan setelah ada informasi baru yang dikumpulkan oleh bank Swiss, Credit Suisse.

Oxfam menggunakan daftar miliarder versi majalah Forbes terbitan Maret 2016 untuk sampai pada kesimpulannya. [ka]

XS
SM
MD
LG