Tautan-tautan Akses

Organisasi HAM Desak Thailand Cabut Dakwaan Terhadap Para Aktivis Anti-Junta


PM Thailand Prayuth Chan–ocha di Chonburi,Thailand, 21 Agustus 2014 (Foto: dok/AP).

PM Thailand Prayuth Chan–ocha di Chonburi,Thailand, 21 Agustus 2014 (Foto: dok/AP).

Human Rights Watch, hari Selasa mengatakan pemerintah militer harus menghentikan gugatan terhadap para pengeritik damai di pengadilan-pengadilan militer.

Organisasi-organisasi HAM menyerukan agar pemerintah Thailand mencabut dakwaan terhadap keempat aktivis yang menyatakan menentang para penguasa militer negara itu, yang sedang diadili oleh sebuah pengadilan militer.

Human Rights Watch mengatakan hari Selasa, pemerintah militer harus menghentikan gugatan terhadap para pengeritik damai di pengadilan-pengadilan militer.

Militer yang mengambil alih kekuasaan dari pemerintah sipil bulan Mei tahun lalu, mengeluarkan larangan mengadakan pertemuan-pertemuan politik, yang dihadiri lima orang atau lebih. Junta militer itu juga memerintahkan pelanggaran-pelanggaran yang berkaitan dengan masalah keamanan ditangani oleh pengadilan-pengadilan militer.

Empat orang ditangkap bulan lalu karena menyelenggarakan kampanye yang menyerukan agar undang-undang keadaan darurat dicabut. Seorang direktur riset Amnesty International mengungkapkan, keempat aktivis tadi tidak akan mendapat proses pengadilan yang adil dan mereka semestinya diizinkan melakukan protes damai.

XS
SM
MD
LG