Tautan-tautan Akses

Penguasa Militer Thailand Tetapkan Konstitusi Baru Soal Pencalonan Anggota Senat


Gedung parlemen Thailand (Foto: dok).

Gedung parlemen Thailand (Foto: dok).

Komite penyusun konstitusi Thailand mengatakan senator-senator baru akan dipilih dari sekumpulan kandidat, termasuk mantan perdana menteri, mantan pemimpin militer dan wakil-wakil dari berbagai profesi yang berbeda.

Sebuah komite yang ditunjuk oleh penguasa militer Thailand untuk menyusun sebuah konstitusi baru mengatakan, Senat yang beranggotakan 200 orang akan dicalonkan dan tidak dipilih, dalam apa yang dikatakan para pengeritik sebagai satu kemunduran bagi demokrasi di Thailand.

Komite penyusun konstitusi itu mengatakan, senator-senator baru akan dipilih dari sekumpulan kandidat, termasuk mantan perdana menteri, mantan pemimpin militer dan wakil-wakil dari berbagai profesi yang berbeda.

Di bawah konstitusi lama yang dibatalkan setelah kudeta bulan Mei tahun lalu, separuh anggota Senat secara langsung dipilih dan sisanya ditunjuk. Proses penyusunan konstitusi baru ini dilaksanakan oleh sebuah komite beranggotakan 36 orang yang ditunjuk oleh junta militer.

Para pengritik mengatakan hari Kamis (26/2), langkah itu dirancang untuk membatasi kekuasaan para politisi yang terpilih di parlemen. Bila telah selesai, rancangan konstitusi tersebut akan diperiksa oleh junta militer terlebih dahulu.

XS
SM
MD
LG