Tautan-tautan Akses

Obama Usahakan Akses Pasar Lebih Banyak di Asia


Presiden Barack Obama tersenyum kepada para wartawan dalam KTT APEC di Yokohama, Jepang hari ini, 13 November 2010.

Presiden Barack Obama tersenyum kepada para wartawan dalam KTT APEC di Yokohama, Jepang hari ini, 13 November 2010.

Obama menghimbau hal itu kepada para pemimpin yang hadir di KTT Kerjasama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC) di Yokohama, Jepang.

Presiden Amerika Barack Obama telah menghimbau para pemimpin Asia-Pasifik untuk membuka akses lebih besar ke pasar Asia yang tumbuh pesat.

Obama mengatakan kepada para pemimpin yang berkumpul di KTT Kerjasama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC) di Yokohama, Jepang hari Sabtu bahwa kesejahteraan Amerika terkait erat dengan mitra-mitra dagangnya di kawasan Pasifik.

Dia berjanji untuk memperdalam keterlibatan Amerika di kawasan itu dengan mengatakan Amerika berkeinginan untuk memimpin lagi di Asia.

Presiden Obama mengharapkan akhir yang memuaskan dari lawatan 10 harinya ke Asia, di mana sebelumnya ia telah menghadapi beberapa tantangan dari target yang diharapkan.

Dalam KTT G20 di Seoul yang berakhir hari Jumat, Amerika gagal untuk menggolkan perjanjian perdagangan bebas bilateral dengan Korea Selatan. Selain itu, KTT G20 juga tidak berhasil mendesak Tiongkok untuk membiarkan nilai tukar mata uangnya terapresiasi.

XS
SM
MD
LG