Tautan-tautan Akses

Proyek Energi Bersih AS-Tiongkok Catat Kemajuan


Menteri Energi Amerika Stephen Chu sedang berada di Beijing untuk membahas kelanjutan kerjasama proyek energi bersih antara AS dan Tiongkok.

Menteri Energi Amerika Stephen Chu sedang berada di Beijing untuk membahas kelanjutan kerjasama proyek energi bersih antara AS dan Tiongkok.

Stephen Chu, Menteri Energi AS, menggambarkan proyek yang telah mencatat berbagai pencapaian tersebut, sebagai salah satu kolaborasi riset terbesar yang pernah dilakukan antarkedua negara.

Menteri Energi Amerika Stephen Chu berada di Beijing guna membicarakan langkah-langkah berikutnya dalam proyek bersama Amerika-Tiongkok untuk mengembangkan sumber-sumber baru energi bersih.

Berbicara pada jumpa pers pada hari Rabu, Chu menggambarkan proyek yang telah mencatat berbagai pencapaian tersebut, sebagai salah satu kolaborasi riset terbesar yang pernah dilakukan antarkedua negara.

Sedikitnya 150 juta dolar akan dikucurkan dalam kurun lima tahun mendatang untuk mendanai kolaborasi antara tim-tim ilmuwan dan insinyur dari kedua negara.

Chu mengatakan dalam sebuah blog bahwa AS dan Tiongkok merupakan sumber lebih dari 40 persen emisi karbon dunia. Statistik tersebut, menurut Chu, mengejutkan dan kedua negara memandang catatan tersebut tak dapat dipertahankan.

Proyek kerjasama ini diumumkan dalam kunjungan kenegaraan di Tiongkok oleh Presiden Amerika Barack Obama pada November tahun lalu.

XS
SM
MD
LG