Tautan-tautan Akses

Para Pemimpin APEC Akhiri KTT, Dukung Kawasan Dagang Bebas Asia


Presiden AS Barack Obama bertemu dengan Presiden Rusia Dmitry Medvedev (kanan) pada pertemuan KTT APEC di Yokohama, Jepang.

Presiden AS Barack Obama bertemu dengan Presiden Rusia Dmitry Medvedev (kanan) pada pertemuan KTT APEC di Yokohama, Jepang.

Ke-21 anggota KTT Kerjasama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC) mengesampingkan sengketa mengenai kebijakan mata uang.

Para pemimpin dari kawasan Asia-Pasifik hari ini mengakhiri KTT tahunan dua hari di Yokohama, Jepang, dengan pernyataan yang mendukung pembentukan zona perdagangan bebas untuk kawasan itu.

Ke-21 anggota KTT Kerjasama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC) mengesampingkan sengketa mengenai kebijakan mata uang dan mengatakan kelompok ini akan mengambil sejumlah langkah nyata untuk membangun kawasan perdagangan bebas di Asia Pasifik. Zona ini akan menghubungkan ekonomi seperti Amerika, Tiongkok dan Jepang dengan beberapa negara yang paling cepat tumbuh di sekitar lingkar Pasifik.

Presiden Amerika Barack Obama dan pemimpin APEC lainnya berdiri di belakang Perdana Menteri Jepang Naoto Kan selagi ia membacakan apa yang disebut Visi Yokohama.

Kan mengatakan agar bisa terus menjadi kekuatan penggerak ekonomi global, para anggota APEC harus memperdalam integrasi ekonomi dan fokus pada pertumbuhan yang berkelanjutan.

XS
SM
MD
LG