Tautan-tautan Akses

Obama: Para Pemimpin G20 Capai Kemajuan Nyata


Presiden AS Barack Obama memuji kesepakatan para pemimpin G20.

Presiden AS Barack Obama memuji kesepakatan para pemimpin G20.

Presiden Obama juga mengatakan, penting bagi Beijing untuk secara bertahap membiarkan pasar menentukan nilai mata uangnya.

Presiden Amerika Barack Obama mengatakan para pemimpin G20 sepakat untuk terus mengarahkan dunia ke pertumbuhan yang berkelanjutan dan berimbang, meski masih banyak pekerjaan harus diselesaikan untuk mengatasi perbedaan dalam isu perdagangan dan mata uang.

Obama mengemukakan adanya kemajuan yang nyata pada akhir KTT G20 di Seoul. Sebuah komunike yang dikeluarkan para pemimpin itu, Jumat, mengatakan, mereka sepakat menahan diri untuk tidak secara bersaing menurunkan nilai mata uang dan akan membiarkan nilai tukar ditentukan pasar.

Para pemimpin dan pembantu mereka telah berusaha keras menghasilkan kesepakatan yang bisa diterima semua pihak di tengah-tengah sengketa Amerika dan Tiongkok mengenai kebijakan mata uang yang dijalankan Beijing.

Obama mengatakan kepada wartawan bahwa mata uang Tiongkok, Yuan, terus direndahkan nilainya, dan ini membuat berang Amerika dan partner-partner dagang internasional lainnya. Ia mengatakan, penting bagi Beijing untuk secara bertahap membiarkan pasar menentukan nilai mata uangnya.

Pernyataan KTT G20 itu tidak menyertakan sikap terus terang terhadap yuan Tiongkok.

XS
SM
MD
LG