Tautan-tautan Akses

AS

Obama Mulai Liburan Musim Panas di Tengah Kontroversi soal Pengintaian


Presiden Barack Obama dan Ibu Negara Michelle Obama tiba di Bandara Garda Pantai Coast Guard di Bourne, Massachussets (10/8).

Presiden AS Barack Obama mulai berlibur selama seminggu Sabtu (10/8) dan terbang ke Martha’s Vineyard, di Massachusetts.

Setelah mengadakan konferensi pers Jumat, di mana ia menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang ancaman terorisme dan keprihatinan dengan pengintaian intelijen Amerika, Presiden Barack Obama secara resmi masuk masa liburan.

Obama mulai berlibur selama seminggu Sabtu, dan terbang ke Martha’s Vineyard, di Massachusetts.

Presiden meninggalkan Orlando, Florida, Sabtu, di mana sebelumnya ia berjanji kepada hadirin yang terdiri dari veteran militer proses lebih cepat untuk mengolah klaim cacad para veteran.

Ini merupakan perubahan dari fokus pada konferensi pernya Jumat di Gedung Putih, dimana sebagian besar keprihatinan dengan program pengintaian pemerintah Amerika yang dibicarakan, khususnya menyangkut pelacakan catatan telepon dan internet warga Amerika.

Obama mengatakan ia akan bekerja sama dengan Kongres untuk melakukan reformasi yang tepat pada program pengintaian NSA, yang baru-baru ini dibocorkan oleh mantan kontraktor NSA Edward Snowden. Obama mengatakan ia tahu bagaimana negara-negara lain menilai perdebatan di Amerika tentang pengintaian dan privasi. Ia berjanji akan memperjelas bahwa Amerika tidak berminat untuk melakukan pengintaian terhadap warga biasa.

Kasus Snowden telah merenggangkan hubungan Amerika dan Rusia, yang telah memberi Snowden suaka sementara. Langkah ini mengakibatkan Presiden Obama minggu ini membatalkan KTT di Moskow dengan Presiden Rusia Vladimir Putin.
Liburan Presiden ini berlangsung selagi para anggota Kongres juga sedang cuti, yakni reses Kongres selama satu bulan penuh.
XS
SM
MD
LG