Tautan-tautan Akses

AS

Obama Berjanji Lebih Transparan dalam Program Pengintaian


Presiden Obama memberikan keterangan kepada media di Gedung Putih, Washington, Jumat (9/8).

Presiden Obama memberikan keterangan kepada media di Gedung Putih, Washington, Jumat (9/8).

Presiden Barack Obama menjanjikan pengawasan lebih ketat terhadap program pengintaian pemerintah yang bertujuan melindungi negara dari serangan teroris.

Dalam konferensi pers hari Jumat di Gedung Putih, Obama mengatakan dia akan bekerja dengan Kongres mengenai reformasi Undang-undang Patriot, program pengintaian Amerika, dan bahwa ia akan bekerja sama dengan Kongres mengenai perubahan yang mengatur penyadapan telepon.

Dia juga mengatakan keseimbangan yang tepat akan mencakup fokus pada terorisme.

Presiden Amerika itu mengatakan harus ada pengamanan tambahan mengenai penyalahgunaan pengintaian Amerika, seperti pengawasan dan transparansi yang lebih besar.

Obama mengatakan telah mengarahkan komunitas intelijen untuk memastikan agar informasi tentang program-program pengintaian dapat tersedia bagi publik.

Presiden Obama mengatakan yakin program-program pengintaian tidak disalahgunakan, tetapi mengatakan rakyat Amerika perlu memiliki kepercayaan terhadap program-program itu.

Dia menjanjikan berbagai perubahan dalam cara program itu dilaksanakan, termasuk peninjauan undang-undang yang ada sekarang oleh Kongres dan pembentukan sebuah panel penasehat untuk meninjau wewenang pengaintaian yang dilakukan oleh pemerintah.

Dalam jumpa pers itu, Presiden Obama jaga menyinggung tentang mantan kontraktor intelijen Amerika Edward Snowden, yang telah memaparkan jangkauan pengintaian pemerintah, termasuk program yang memonitor panggilan telepon dan penggunaan internet.

Obama mengatakan dia tidak percaya Snowden, yang kini tinggal dalam suaka sementara di Rusia, adalah seorang patriot.
XS
SM
MD
LG