Tautan-tautan Akses

AS

Obama Calonkan Janet Yellen sebagai Kepala Bank Sentral AS


Janet Yellen akan menggantikan Ben Bernanke, yang masa jabatan Kepala Federal Reserve akan berakhir 31 Januari 2014 (foto: dok).

Janet Yellen akan menggantikan Ben Bernanke, yang masa jabatan Kepala Federal Reserve akan berakhir 31 Januari 2014 (foto: dok).

Presiden Amerika Barack Obama telah mencalonkan Janet Yellen, yang menjabat wakil direktur bank sentral Amerika, untuk menjadi direktur bank itu.

Janet Yellen – usia 67 tahun – akan menggantikan Ben Bernanke, yang masa jabatan keduanya sebagai direktur bank sentral akan berakhir tanggal 31 Januari 2014.

Yellen masih harus menghadapi sidang konfirmasi di Senat, tetapi para pendukungnya mengatakan mereka yakin ia akan mendapat persetujuan bagi jabatan selama empat tahun itu.

Janet Yellen akan menjadi perempuan pertama yang memimpin bank sentral dalam 100 tahun sejarah lembaga keuangan itu.

Presiden Obama memuji Janet Yellen sebagai ekonom yang visioner, yang melihat aspek-aspek bermasalah dalam ekonomi Amerika sebelum jatuh dalam resesi lima tahun lalu. Presiden Obama menyebutnya sebagai pembangun konsensus yang bisa “mendengar pandangan yang saling bertolak-belakang” tentang bagaimana mengatur ekonomi Amerika.

Dalam penjelasan singkat di Gedung Putih, Janet Yellen mengatakan “kita bisa dan harus menjaga” ekonomi Amerika.

Angka pengangguran Amerika yang mencapai 7,3% masih dinilai tinggi dan Yellen berjanji “akan memastikan bahwa setiap orang memiliki kesempatan” untuk mendapat pekerjaan.
XS
SM
MD
LG