Tautan-tautan Akses

Bank Sentral AS akan Kurangi Stimulus secara Bertahap


Gubernur Bank Sentral AS Ben Bernanke memberikan kesaksian di depan komisi Kongres Amerika (17/7).

Gubernur Bank Sentral AS Ben Bernanke memberikan kesaksian di depan komisi Kongres Amerika (17/7).

Gubernur Bank Sentral Amerika Serikat Ben Bernanke memberikan kesaksian di depan komisi-komisi Kongres Amerika hari Rabu (17/7) dan Kamis (18/7) besok.

Gubernur Bank Sentral Amerika Serikat Ben Bernanke mengatakan, Bank Sentral nantinya akan mengurangi upaya merangsang ekonomi, namun akan melakukannya secara bertahap jika jelas bahwa perekonomian tidak begitu memerlukan bantuan.

Bernanke memberikan kesaksian di depan komisi-komisi Kongres hari Rabu dan Kamis. Tampaknya Bernanke berusaha menjelaskan arah tindakan Bank Sentral, setelah pernyataan sebelumnya membuat para investor cemas dan menimbulkan kekacauan dalam pasar saham.

Salah satu program yang bertujuan mendorong perekonomian adalah menekan suku bunga jangka panjang. Proses rumit itu menyangkut pembelian sekuritas bernilai 85 miliar dolar per bulan. Bank Sentral mungkin mengurangi pembelian itu tahun ini. Suku bunga jangka panjang yang rendah membuat mudah bagi bisnis untuk membeli peralatan, dan keluarga membeli rumah dan mobil.

Bank Sentral juga berusaha mendorong perekonomian dengan menurunkan suku bunga jangka pendek mendekati nol persen. Program itu diduga akan dilanjutkan sampai angka pengangguran turun hingga 6.5 persen atau lebih rendah yang diduga tidak akan terjadi hingga tahun depan.
XS
SM
MD
LG