Tautan-tautan Akses

AS

Obama Belum Tunjuk Kepala Baru Bank Sentral AS


Janet Yellen, Wakil Kepala Bank Sentral AS, menjadi calon kuat pengganti Ben Bernanke (foto: dok).

Janet Yellen, Wakil Kepala Bank Sentral AS, menjadi calon kuat pengganti Ben Bernanke (foto: dok).

Mantan penasihat ekonomi Presiden Obama, Lawrence Summers hari Minggu menarik namanya dari daftar kandidat Kepala Bank Sentral AS.

Mundurnya kandidat utama untuk memimpin Bank Sentral Amerika telah menimbulkan pertanyaan; siapakah yang akan ditunjuk oleh Presiden Barack Obama untuk menggantikan Ben Bernanke.

Penasihat ekonomi utama Gedung Putih pada awal tahun Obama menjabat sebagai Presiden, Lawrence Summers, hari Minggu menarik namanya dari daftar yang dipertimbangkan untuk memimpin Bank Sentral, lembaga utama kebijakan moneter Amerika dan badan penting dalam perekonomian dunia.

Pengunduran dirinya bisa mengarah pada penunjukan kepala Bank Sentral perempuan pertama, Janet Yellen, yang kini menjabat sebagai wakil ketua bank sentral. Tetapi para pimpinan ekonomi lainnya juga bisa ditunjuk.

Ekonom terpandang Amerika, Jim O'Sullivan dari organisasi High Frequency Economics, memberitahu VOA, Yellen kemungkinan ditunjuk dan akan melanjutkan dukungan Bank Sentral dalam pemulihan ekonomi Amerika.

Pejabat-pejabat Washington yakin Summers, mantan Presiden Harvard University, merupakan pilihan pertama Obama untuk menggantikan Bernanke, yang masa jabatannya berakhir Januari.

Namun, beberapa senator dari faksi Demokrat telah menyatakan oposisinya terhadap kemungkinan pengangkatan Summers, dan memberitahu Gedung Putih bahwa Summers terlalu lemah dalam pengaturan keuangan.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG