Tautan-tautan Akses

India Panggil Utusan Iran Terkait Dukungan bagi Kashmir


Ayatollah Ali Khamenei mengimbau para elit Muslim mendukung "perjuangan" Muslim di Kashmir.

Ayatollah Ali Khamenei mengimbau para elit Muslim mendukung "perjuangan" Muslim di Kashmir.

New Delhi menilai pernyataan dukungan bagi Kashmir oleh Teheran sebagai melanggar keutuhan teritorial dan kedaulatan India.

India memanggil utusan Iran atas komentar yang dibuat Teheran yang mengatakan Kashmir adalah suatu bangsa dan mengemukakan dukungan bagi "perjuangan" separatis Kashmir.

New Delhi hari Jumat memanggil dutabesar sementara Iran, Reza Alaei, untuk mengungkapkan "kekecewaan mendalam" India terhadap Iran, negara yang hubungannya baik dengan India selama puluhan tahun.

Dalam pernyataan yang dikeluarkan India menyebutkan pernyataan Iran dinilai New Delhi sebagai "melanggar keutuhan teritorial dan kedaulatan".

Awal pekan ini, Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei mengimbau para elit Muslim agar mendukung "perjuangan" Muslim di "negara-negara Afghanistan, Pakistan, Irak, Palestina dan Kashmir".

Hari Kamis, India untuk pertama kali abstain dalam pemungutan suara mengenai resolusi PBB mengenai pelanggaran HAM Iran. Sebelumnya, India memberi suara menentang resolusi tersebut.



XS
SM
MD
LG