Tautan-tautan Akses

Nigeria Targetkan Juara Piala Dunia 2010

  • Ian Umar

Tim yang dijuluki Super Eagles ini mempunyai target yang tidak tanggung-tanggung, yaitu memenangkan Piala Dunia pertama di Afrika ini.

Seberapa super kah tim Super Eagles Nigeria dalam Piala Dunia di Afrika Selatan ini? Yang jelas, warga Nigeria mempunyai harapan yang tinggi bagi tim mereka ini. Lebih-lebih, tahun ini khususnya penting bagi negara ini, karena Nigeria merayakan ulang tahun kemerdekaannya yang ke-50 dari Inggris.

"Tim Super Eagles punya setiap alasan untuk bermain sepenuh hati di Afrika Selatan, terutama karena tahun ini merupakan ulang tahun emas perayaan kemerdekaan sebagai sebuah negara. Penampilan cemerlang anda akan sangat menggembirakan pencinta sepak bola di Nigeria dan mempersiapkan panggung yang mempesona, menggairahkan, dan mengesankan bagi perayaan ulang tahun emas. Tim Super Eagles yang kami cintai, saya meminta kalian untuk membawa pulang sebuah piala emas sebagai hadiah ulang tahun bagi negara kita pada usia emas 50 tahun," ujar Presiden Goodluck Jonathan saat melepas tim nasional Nigeria.

Piala emas? Apakah target tim ini tidak terlalu muluk?

Penggemar Super Eagles diperkirakan akan membanjiri pertandingan-pertandingan tim Nigeria di Afrika Selatan.

Penggemar Super Eagles diperkirakan akan membanjiri pertandingan-pertandingan tim Nigeria di Afrika Selatan.

Boleh ini merupakan permintaan yang ambisius, mengingat tim ini harus tampil tanpa pemain utamanya, John Obi Mikel, yang cedera. Tapi penasihat teknis baru bagi tim Super Eagles, pelatih asal Swedia Lars Largerback, tidak membuat perubahan drastis pada tim saat berlaga di kualifikasi Piala Dunia. Padahal, Largerback menerima kritik dari kanan-kiri di kandang sendiri, karena permainan yang tak bersemangat.

Tapi, tim Nigeria berharap bisa memanfaatkan baik dari dua hasil seri dan satu kemenangan yang mereka peroleh dalam persiapan bagi Piala Dunia di Afrika Selatan.

Ini akan menjadi Piala Dunia keempat bagi Nigeria, setelah tim Super Eagles gagal memenuhi syarat bagi turnamen ini di Jerman empat tahun lalu.

Pendukung timnas Nigeria termasuk yang paling fanatik di Afrika.

Pendukung timnas Nigeria termasuk yang paling fanatik di Afrika.

Wartawan olahraga surat kabar Sun di Nigeria, Juliana Taiwo, mengatakan ia realistis mengenai peluang Nigeria di Afrika Selatan. "Harapan saya sama sekali tidak tinggi. Sejauh yang menyangkut diri saya, apa pun kemajuan Super Eagles akan menjadi kejutan bagi saya karena mereka memulainya terlambat. Mereka terlambat mendapat penasihat teknis. Dan, semua itu terlihat pada dua pertandingan persahabatan mereka sebelumnya. Tapi dalam pertandingan terakhir, baik-baik saja, tapi tidak mengesankan bagi saya. Sejauh yang menyangkut diri saya, saya tidak mengharapkan apa-apa. Jika mereka maju, itu akan menjadi kejutan yang menyenangkan."

Seorang penggemar kesebelasan Super Eagles Aiyelemen Anthony mengatakan meskipun persiapannya kurang, ia percaya timnya akan bermain dengan baik.

"Sama seperti yang selalu terjadi pada kita, saya mengharapkan performa yang membaik untuk seterusnya," ujar Anthony. "Jika kita saksikan kedua pertandingan persahabatan mereka, yang pertama melawan Arab Saudi, pertandingan itu tak bersemangat. Ini karena Lars Largerback, pelatih baru, mulai kenal dengan para pemain. Pertandingan kedua melawan Kolombia, kita bisa menyaksikan bahwa ada perbaikan dibandingkan dengan yang pertama. Yang ketiga melawan Korea Utara, pertandingan itu cukup bagus. Dan, jangan lupa kita punya Argentina dalam grup ini."

Anthony berpendapat bahwa Argentina akan menjadi satu-satunya yang dapat membuat tim Nigeria sakit kepala. Tapi ia optimis, Nigeria akan dapat mengalahkan ketiga tim di Grup B.

Ujian cukup sulit menanti Nigeria pada hari Sabtu, di pertandingan pertama Grup B, melawan juara Piala Dunia dua kali, Argentina.

XS
SM
MD
LG