Tautan-tautan Akses

Militan Bakar 27 Truk Tangki NATO di Pakistan


Pasukan keamanan Pakistan menjaga truk tangki bahan bakar NATO setelah terjadinya serangan oleh militan bersenjata.

Pasukan keamanan Pakistan menjaga truk tangki bahan bakar NATO setelah terjadinya serangan oleh militan bersenjata.

Kawanan bersenjata melepaskan tembakan, memaksa orang melarikan diri sebelum membakar kendaraan-kendaraan NATO tersebut.

Para pejabat Pakistan mengatakan, tersangka militan membakar 27 truk tangki di Pakistan selatan yang membawa bahan bakar untuk pasukan NATO di Afghanistan. Serangan terjadi sehari setelah Pakistan menutup perbatasan Torkham, jalur penting perbekalan untuk pasukan NATO di Afghanistan, setelah serangan udara lintas perbatasan NATO, menurut pejabat Pakistan, menewaskan tiga tentara.

Para pejabat mengatakan, kawanan bersenjata melepaskan tembakan hari Jumat, membuat orang berlarian, sebelum membakar 27 truk tanki di kota Shikarpur, Pakistan selatan. Truk-truk itu sedang dalam perjalanan menuju Afghanistan dari Karachi, kota pelabuhan di Pakistan selatan. Polisi menahan 10 tersangka.

Jumat siang, pihak berwenang mengatakan, para penyerang membakar truk tanki di provinsi Baluchistan, Pakistan barat daya, menewaskan dua orang.

Sebagian besar bahan bakar dan perbekalan untuk pasukan NATO di Afghanistan diangkut melewati wilayah Pakistan. Hari Jumat, jalur perbekalan di distrik Khyber masih tutup.

Sebelumnya Kamis kemarin, Pakistan memblokir rute logistik yang sangat penting bagi pasukan NATO di Afghanistan, setelah serangan udara lintas perbatasan maut di daerah suku terpencil Kurram dekat perbatasan Afghanistan. Seorang jurubicara militer mengatakan pasukan Pakistan melepaskan tembakan peringatan terhadap helikopter NATO, yang dibalas dengan tembakan misil yang menewaskan 3 tentara dan melukai 3 lainnya.

NATO menyatakan bahwa helikopter-helikopternya memasuki wilayah udara Pakistan sebentar, ketika sedang menarget militan yang berusaha menyerang pangkalan pasukan koalisi di provinsi Paktia.

XS
SM
MD
LG