Tautan-tautan Akses

Lomba Balap Karung 'Pasangan Capres' dan Blusukan Artis di Pasar Klewer Solo

  • Yudha Satriawan

Aksi balap karung 'pasangan Capres' di Solo, Senin, 30 Juni 2014 (Foto: VOA/Yudha)

Aksi balap karung 'pasangan Capres' di Solo, Senin, 30 Juni 2014 (Foto: VOA/Yudha)

Masyarakat menggelar berbagai aksi sebagai bentuk dukungan kepada kedua pasangan capres-cawapres dalam pemilihan umum 2014.

Sekelompok warga Solo menggelar aksi unik balap karung para calon presiden. Aksi ini sebagai bentuk kampanye Fair Play dalam Pilpres.

“Ayo..ayo..Jokowi menang nggak?...ayoo..jangan curang..he..he..he..”
Demikian sekilas suasana di jalan Slamet Riyadi, kawasan citywalk atau kawasan khusus pejalan kaki di depan sebuah Mall di Solo yang tampak ramai, Senin siang (30/6).

Dua pasangan “capres” tampak di lokasi tersebut. Ada pasangan capres Prabowo-Hatta, ada pula pasangan capres Jokowi-Jusuf Kalla. Mereka tidak berkampanye tetapi justru masing-masing memegang karung warna putih bersiap untuk balapan. Ada tulisan "Fair Play" terbentang di lokasi ini. Tentu saja itu bukan para capres yang asli, tetapi para tukang becak yang memakai topeng para capres.

Salah seorang tukang becak peserta aksi tersebut, Ukar Sukardi mengatakan aksi tersebut merupakan bentuk kampanye "Fair Play", yang menyerukan pesan kepada para capres dan pendukungnya untuk berkampanye secara sehat dan jujur.

“Aksi kita ini dalam rangka menyambut Pemilu Presiden. Pilpres itu bagi kami masyarakat bawah, bukan pendukung dari capres manapun, mengingatkan agar Pilpres harus berlangsung Fair Play. Jangan curang dan melakukan kampanye hitam. Harus sportif. Yang kalah harus legawa, yang menang jangan terlalu tinggi hati, sombong.kalau tidak sportif, dampaknya tidak baik, nanti akhirnya akan muncul perpecahan, kerusuhan, kekacauan..yang rugi bangsa Indonesia sendiri,” kata Ukar Sukardi, tukang becak peserta aksi balap karung Capres.

Sebelum mengikuti lomba balap karung, para “capres” tersebut foto bersama saling berangkulan sambil membentangkan spanduk bertuliskan "Fair Play". Aksi para tukang becak ini tentu saja mengundang senyum hingga gelak tawa para warga yang berada di sekitar lokasi.

Sementara itu, sejumlah artis pendukung Capres Prabowo-Hatta menggelar aksi blusukan ke Pasar Klewer, Solo. Para artis tersebut antara lain Anang Hermansyah, Ashanti, Duo the Virgin "Mitha dan Dara". Salah satu artis tersebut, Anang Hermansyah, usai blusukan ke Pasar klewer mengaku optimis kunjungannnya ke Pasar Klewer dan Solo sebagai basis pendukung capres Jokowi-JK mampu meraup suara untuk capres Prabowo-Hatta.

“Kenapa kita memilih pasar Klewer? Karena Solo kan yang terkenal Pasar Klewer. Ke Solo tidak lengkap kalau tidak berkunjung dan membeli di Pasar Klewer,” kata Anang Hermansyah.

"Ya harapannya masyarakat bisa melihat kita, kita representatif dari tim pasangan capres Prabowo-Hatta. Mereka bisa melihat bahwa kita juga sama bisa melihat dan berinteraksi dengan pedagang pasar Klewer. Kita dengarkan aspirasi mereka. Tinggal masyarakat nanti melihat bagaimana hasil kunjungan kami ini. Saya optimis mampu menarik dukungan masyarakat di Solo ini untuk capres Prabowo-Hatta,” lanjutnya.

Dalam kunjungannya ke Pasar Klewer, ratusan pedagang Pasar Klewer berebut ingin foto bersama dan melihat lebih dekat para artis tersebut. Namun pedagang Pasar Klewer tetap menjajakan dagangannya yang mayoritas berupa kaos "Jokowi for President".

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG