Tautan-tautan Akses

Liga Arab akan Bahas Laporan Terakhir Misi Pemantauan di Suriah


Pertemuan para Menlu Liga Arab di Kairo (8/1). Liga Arab akan membahas laporan terakhir misi Tim Pemantau di Suriah.

Pertemuan para Menlu Liga Arab di Kairo (8/1). Liga Arab akan membahas laporan terakhir misi Tim Pemantau di Suriah.

Tim-tim pemantau liga Arab yang telah bertugas sejak tanggal 26 Desember di Suriah akan mengakhiri tugas mereka hari Kamis.

Liga Arab mengatakan, menteri-menteri luar negerinya akan bertemu hari Minggu depan untuk membahas laporan terakhir dari tim-tim pengamat yang dikirim ke Suriah untuk melihat apakah pemerintah mentaati janjinya untuk menghentikan penumpasan atas kelompok oposisi.

Tim-tim pemantau Liga Arab yang telah bertugas sejak tanggal 26 Desember di Suriah akan mengakhiri tugas mereka hari Kamis. Kelompok HAM Suriah mengatakan, Presiden Bashar al-Assad telah menipu para pemantau itu dan justru meningkatkan serangan atas kelompok oposisi dalam beberapa minggu terakhir.

Kata Liga Arab, laporan terakhir itu akan dibahas oleh sebuah komisi khusus hari Sabtu dan diserahkan ke sidang lengkap para menteri LN keesokan harinya.

Qatar hari Minggu mengusulkan supaya tentara Arab dikirim ke Suriah untuk menghentikan aksi-aksi kekerasan. Emir Qatar, Sheikh Hamad bin Khalifa al-Thani adalah tokoh Arab pertama yang mengusulkan pengiriman pasukan Arab ke Suriah.

Mantan Sekretaris-Jenderal Liga Arab Amir Mussa mengatakan, ke-22 anggota Liga Arab harus membahas usul pemimpin Qatar itu untuk menengahi bentrokan antara pasukan pemerintah dengan demonstran pro-demokrasi yang menghendaki turunnya al-Assad.

XS
SM
MD
LG