Tautan-tautan Akses

Emir Qatar Serukan Pengiriman Pasukan Arab ke Suriah


Emir Qatar, Sheikh Hamad bin Khalifa al-Thani (File: dok).

Emir Qatar, Sheikh Hamad bin Khalifa al-Thani (File: dok).

Emir Qatar Sheikh Hamad bin Khalifa al-Thani menyerukan agar pasukan Arab dikirim ke Suriah untuk menghentikan kekerasan yang terus berlanjut di negara itu.

Pernyataannya yang ditayangkan hari Minggu dalam wawancara dengan jaringan televisi Amerika CBS itu mengemukakan usulan demikian yang pertama yang dinyatakan oleh seorang pemimpin Arab.

Ketua tim pemantau Liga Arab di ibukota Suriah, Duta Besar Sudan Jaafar Kudaiba, mengatakan kepada wartawan VOA di Damaskus hari Minggu bahwa dia akan membicarakan gagasan mengenai pasukan militer pada waktu Liga Arab bertemu untuk meninjau-ulang misi pemantau hari Sabtu.

Mantan Sekretaris Jenderal Liga Arab Amr Mussa mengatakan blok beranggota 22 negara itu harus membahas gagasan emir Qatar untuk mengganti misi pemantauan itu dengan pasukan militer untuk memisahkan pasukan keamanan Suriah dan warga sipil.

Sementara itu, beberapa aktivis hak asasi mengatakan pasukan keamanan pemerintah menewaskan paling sedikit 11 warga sipil hari Minggu, selagi pimpinan PBB Ban Ki-moon menuntut Presiden Suriah Bashar al-Assad agar berhenti membunuh rakyatnya sendiri.

XS
SM
MD
LG