Tautan-tautan Akses

Laporan: Amerika Berencana Kurangi Bantuan Militer untuk Mesir


Para pendukung Presiden terguling Mohamed Morsi ditahan menyusul bentrokan dengan polisi anti huru-hara di Kairo, 6 Oktober 2013 (Foto: dok).

Para pendukung Presiden terguling Mohamed Morsi ditahan menyusul bentrokan dengan polisi anti huru-hara di Kairo, 6 Oktober 2013 (Foto: dok).

Pemerintahan Obama cenderung akan menahan sebagian besar bantuan militer untuk Mesir, setelah mengkaji program itu selama berbulan-bulan pasca penggulingan presiden Mohamed Morsi.

Pejabat-pejabat Amerika berbicara kepada media berita Barat dengan syarat nama mereka tidak disebutkan, mengatakan keputusan penahanan sebagian besar bantuan militer untuk Mesir tersebut tidak akan mempengaruhi dana untuk usaha kontra-terorisme atau keamanan di Jazirah Sinai yang bergolak itu.

Juru bicara Dewan Keamanan Nasional Amerika Caitlin Hayden membantah laporan hari Selasa bahwa Amerika akan menghentikan seluruh bantuan militer tahunan yang berjumlah $1,3 milyar itu, dengan mengatakan pengumuman mengenai bantuan untuk Mesir akan dikeluarkan “dalam beberapa hari mendatang.”

Presiden Barack Obama mengatakan bulan lalu dalam pidatonya kepada Majelis Umum PBB bahwa pemerintah sementara Mesir telah “membuat keputusan yang tidak konsisten dengan demokrasi yang inklusif,” dan bahwa dukungan Amerika tergantung pada jalur yang lebih demokratis.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG