Tautan-tautan Akses

AS

Laju Pengeluaran Konsumen AS Melambat


Seorang pria mengamati barang pajangan di sebuah toko di Santa Monica, Californa (Foto: dok).

Seorang pria mengamati barang pajangan di sebuah toko di Santa Monica, Californa (Foto: dok).

Pengeluaran konsumen Amerika, terus bertambah dalam bulan Maret, tetapi pada laju yang lambat dibandingkan awal tahun ini.

Pengeluaran konsumen menggerakkan 70 persen ekonomi Amerika, sehingga para analis mengkaji laju kecepatannya untuk menimbulkan kesehatan ekonomi Amerika secara menyeluruh.

Departemen Perdagangan Amerika hari Senin melaporkan pengeluaran konsumen naik tiga persepuluh persen bulan Maret, hanya sepertiga dari pengeluaran bulan sebelumnya. Menurunnya pengeluaran konsumen itu merupakan tanda terbaru bahwa kemajuan ekonomi Amerika agak berkurang.

Pemerintah pekan lalu menyatakan bahwa ekonomi Amerika tumbuh 2,2 persen dalam tiga bulan pertama tahun ini, setelah meningkat mantap 3 persen dalam kwartal terakhir tahun.

Dua indikasi perekonomian Amerika yang diamati secara seksama untuk bulan April, yaitu angka pengangguran nasional dan jumlah lapangan kerja yang baru diciptakan, akan diumumkan hari Jumat.

Bulan Maret, para pebisnis di Amerika menambah 120.000 lapangan kerja, turun dari 200.000 lebih dalam beberapa bulan sebelumnya.Angka pengangguran di Amerika turun dalam beberapa bulan ini, menjadi 8,2 persen yang tercatat dalam bulan Maret. Angka itu masih tinggi menurut standar Amerika, yang menetapkan kisaran normal di angka lima persen.

Bank Sentral Amerika mengatakan, angka itu mungkin akan turun di bawah deapan persen pada akhir tahun ini. Namun kalangan analis memprediksi angka bulan April tetap tidak akan berubah.
XS
SM
MD
LG