Tautan-tautan Akses

AS

Perekonomian AS Menciut pada Kuartal Pertama 2012


Para pialang di lantai Bursa Saham New York (NYSE) di Wall Street, April 2012.

Para pialang di lantai Bursa Saham New York (NYSE) di Wall Street, April 2012.

Pertumbuhan kuartal pertama 2,2 persen tidak cukup cepat untuk menurunkan tingkat pengangguran di Amerika, yang bertahan di atas delapan persen.

Pertumbuhan ekonomi Amerika melemah dalam tiga bulan pertama tahun ini, turun ke tingkat tahunan 2,2 persen. Laporan Kementerian Perdagangan hari Jumat menunjukkan pertumbuhan menciut 0,8 persen sementara pemerintah mengurangi pengeluaran, sementara nilai impor lebih besar daripada ekspor.

Kedua perkembangan negatif ini berdampak lebih besar daripada kenaikan pembelanjaan konsumen dan sedikit perbaikan dalam sektor perumahan yang terpuruk.

Pencari kerja mengantri masuk sebuah job fair di New York, April 2012.

Pencari kerja mengantri masuk sebuah job fair di New York, April 2012.

Heidi Shierholz, ekonom pada Institut Kebijakan Ekonomi di Washington, LSM yang mengkaji kebijakan publik, mengatakan pertumbuhan kuartal pertama 2,2 persen itu tidak cukup cepat untuk menurunkan tingkat pengangguran di Amerika, yang bertahan pada 8,2 persen.

Kepada VOA, Shierholz mengatakan, masalah keuangan dan pengangguran Eropa, serta melemahnya pertumbuhan ekonomi Tiongkok pada akhirnya bisa berdampak negatif bagi ekspor dan pertumbuhan ekonomi Amerika.

Laporan lain dari University of Michigan menunjukkan kepercayaan konsumen Amerika sedikit naik ke tingkat tertinggi dalam satu tahun. Peneliti mengatakan, untuk meredakan masalah itu, konsumen berharap, lapangan pekerjaan membaik dan harga BBM turun.

Para ekonom memantau kepercayaan konsumen sebagai sinyal bagi pembelanjaan konsumen yang menggerakkan 70 persen kegiatan ekonomi Amerika.
XS
SM
MD
LG