Tautan-tautan Akses

Krisis Identitas Berujung Kejatuhan Yahoo


Logo Yahoo di kantornya di Hong Kong.

Logo Yahoo di kantornya di Hong Kong.

Kejatuhan perusahaan dapat ditelusuri dari pilihan-pilihan yang dibuat baik oleh kepemimpinan eksekutif dan dewan direksi selama masa kejayaan perusahaan di pertengahan tahun 2000an.

Ketika eksekutif-eksekutif senior Yahoo berkumpul di sebuah hotel di San Jose untuk retret manajemen pada musim semi 2006, tidak ada tanda-tanda perusahaan sedang dalam krisis.

Pelopor internet itu, belum lagi seorang remaja, baru saja menyelesaikan satu tahun dengan laba US$1,9 miliar dan pendapatan $5,3 miliar. Hari-hari sulit kejatuhan bisnis dot-com merupakan memori, dan Yahoo Inc., yang mendapat iklan-iklan dari merk-merk terbesar dunia, menikmati periodenya sebagai salah satu perusahaan teratas dalam industri paling top di dunia saat itu.

Namun dalam salah satu latihan retret, setiap orang diminta mengucapkan kata apa yang pertama kali muncul dalam benak mereka ketika sebuah perusahaan disebutkan. Untuk eBay: lelang. Google: pencarian. Intel: pemroses mikro. Microsoft: Windows.

Ketika diminta menulis jawaban untuk Yahoo, jawabannya beragam: email, berita, pencarian.

Hal itu dianggap sebagai tanda-tanda kesulitan bisnis mereka.

Betul saja, kejatuhan Yahoo, yang mencapai titik kulminasi dalam persetujuan minggu ini untuk menjual aset utama perusahaan kepada Verizon Communications Inc, telah diawali lebih dari 10 tahun yang lalu.

Banyak dari lebih dari dua lusin mantan manajer Yahoo yang diwawancarai Reuters selama dua minggu terakhir, yang sekarang mendiami ruangan-ruangan eksekutif di Silicon Valley, sepakat bahwa kejatuhan perusahaan dapat ditelusuri dari pilihan-pilihan yang dibuat baik oleh kepemimpinan eksekutif dan dewan direksi selama masa kejayaan perusahaan di pertengahan tahun 2000an.

Beberapa peluang yang hilang sangat jelas: penawaran yang gagal untuk membeli Facebook Inc senilai $1 miliar tahun 2006. Kedekatan tahun 2002 dengan Google berakhir nihil. Kesempatan untuk membeli YouTube datang dan pergi. Skype dibeli eBay Inc. Dan penawaran Microsoft Corp senilai $45 miliar untuk mengambil alih seluruh Yahoo tahun 2008 dihalangi oleh kepemimpinan Yahoo.

Yang sama merusaknya dengan kontrak-kontrak yang gagal adalah budaya perusahaan yang menjadi terlalu birokratis dan terlalu folus pada pengiklanan merk tradisional dalam bisnis teknologi yang bergerak cepat, menurut beberapa manajer Yahoo.

Yang paling parah, ketika Google telah menggantikannya sebagai pilihan pertama orang-orang untuk mencari sesuatu di internet, Yahoo tidak pernah bisa memutuskan ingin menjadi apa.

Yahoo sekarang memiliki lebih dari satu miliar pengguna dan telah fokus pada teknologi seluler di bawah kepemimpinan Marissa Mayer, yang mengatakan kepada Reuters dalam sebuah wawancara hari Senin (25/7) bahwa ia masih melihat "jalur untuk pertumbuhan" Yahoo, yang dipercepat oleh penggabungan dengan Verizon.

Yahoo akan terus beroperasi sebagai perusahaan induk untuk saham-saham besarnya di Alibaba dan Yahoo Jepang, yang jauh lebih bernilai dibandingkan bisnis utamanya. [hd]

XS
SM
MD
LG