Tautan-tautan Akses

Kapal Feri Turki Dibajak Militan Kurdi Dekat Istanbul


Kapal feri Turki 'Kartepe' yang dibajak dekat Istanbul hari Jumat (11/11).

Kapal feri Turki 'Kartepe' yang dibajak dekat Istanbul hari Jumat (11/11).

Menteri Perhubungan Turki Binali Yildirim mengatakan sebanyak lima pembajak menguasai kapal itu dan menyandera penumpang.

Para pembajak yang tampaknya terkait organisasi militan Kurdi membajak kapal penumpang feri di Istanbul, Turki barat daya.

Menteri Perhubungan Turki Binali Yildirim mengatakan hari Jumat sebanyak lima pembajak menguasai kapal itu dan menyandera penumpang.

Sejak feri itu dibajak Jumat pagi muncul laporan bertentangan mengenai jumlah pasti pembajak dan penumpang. Setidaknya satu dari para pembajak itu mengaku membawa bom.

Media Turki melaporkan, feri Kartepe sedang dalam perjalanan di Laut Marmara menuju Izmit, ketika pembajak menguasai kapal.

Partai Pekerja Kurdistan (PKK) beberapa bulan ini meningkatkan serangan terhadap pasukan keamanan Turki dengan bom-bom bunuh diri. Kelompok itu menyatakan memperjuangkan peningkatan hak-hak sipil dan politik di Turki.

Amerika dan Turki menyatakan PKK sebagai organisasi teroris.

Pemerintah Turki menumpas siapa saja yang menjadi anggota atau bekerja sama dengan PKK, dengan mengatakan kelompok itu semakin mengancam. Militer telah melancarkan serangkaian serangan terhadap basis-basis PKK di sepanjang perbatasan Turki dengan Irak.

XS
SM
MD
LG