Tautan-tautan Akses

Keluarga Pembangkang Tiongkok Tak Hadiri Pemberian Nobel Perdamaian


Pembangkang Tiongkok Liu Xiaobo, pemenang Nobel Perdamaian tahun ini.

Pembangkang Tiongkok Liu Xiaobo, pemenang Nobel Perdamaian tahun ini.

Pejabat Komite Nobel Norwegia mengatakan kecil kemungkinan keluarga Liu Xiaobo diijinkan berangkat menuju Oslo, Norwegia.

Seorang pejabat tinggi dalam Komite Nobel Norwegia mengatakan kecil kemungkinan keluarga pembangkang Tiongkok yang dipenjara – Liu Xiaobo, diijinkan berangkat dari Tiongkok menuju Oslo – Norwegia, untuk menerima hadiah Nobel Perdamaian-nya.

Geir Lundestad memberitahu media Norwedia NRK, tampaknya keluarga Liu telah putus harapan bahwa seseorang dari keluarga mereka akan berada di Oslo pada upacara hadiah Nobel tanggal 10 Desember itu.

Geir Lundestad mengatakan tidak seorang pun dari keluarga Liu yang tercatat dalam daftar tamu hingga hari Rabu. Ia menambahkan upacara itu akan berlangsung sesuai jadwal, tetapi hadiah Liu – diploma dan uang senilai 1,4 juta dollar tidak akan diserahkan.

Liu kini menjalani hukuman penjara 11 tahun karena ikut menulis dokumen yang mendukung hak-hak demokrasi di Tiongkok. Para pejabat Tiongkok murka ketika bulan lalu diumumkan Liu telah memenangkan hadiah Nobel Perdamaian yang berbobot itu.

XS
SM
MD
LG