Tautan-tautan Akses

Pemenang Nobel Perdamaian Bertemu di Hiroshima untuk Kutuk Senjata Nuklir


Pemenang Nobel Perdamaian 2010 Liu Xiaobo tidak hadir karena menjalani hukuman 11 tahun penjara di Tiongkok.

Pemenang Nobel Perdamaian 2010 Liu Xiaobo tidak hadir karena menjalani hukuman 11 tahun penjara di Tiongkok.

Presiden Obama, penerima Nobel Perdamaian tahun 2009, tidak bisa hadir karena harus menghadiri acara KTT G20 di Seoul, Korea Selatan.

Dalai Lama dan para pemenang Hadiah Nobel Perdamaian lainnya bertemu hari Jumat untuk menghadiri pertemuan puncak mengenai perlucutan senjata nuklir di Hiroshima, kota di Jepang yang hancur akibat bom atom Amerika Serikat.

KTT Dunia Pemenang Hadiah Nobel Perdamaian itu diadakan setiap tahun dengan mengumpulkan seluruh pemenang hadiah Nobel Perdamaian untuk menyorot pencapaian dan kerja mereka, serta untuk mempromosikan pesan keseluruhan hadiah itu mengenai hak azasi dan anti kekerasan.

Yang tidak bisa hadir adalah aktivis Tiongkok yang dipenjarakan Liu Xiaobo, dan pemimpin demokrasi Birma Aung San Suu Kyi yang tengah menjalani hukuman tahanan rumah. Suu Kyi telah menjalani hukuman selama 15 tahun dari masa 20 tahun terakhir ini.

Sementara, Presiden AS Barack Obama, yang dianugerahi hadiah Nobel Perdamaian itu tahun 2009, tidak menghadiri pertemuan itu karena dia harus menghadiri acara KTT G20 di Seoul dan pertemuan APEC di Jepang.

XS
SM
MD
LG