Tautan-tautan Akses

6 Negara Tolak Hadiri Upacara Hadiah Nobel


Sekretaris panitia hadiah Nobel Norwegia, Geir Lundestad.

Sekretaris panitia hadiah Nobel Norwegia, Geir Lundestad.

Pemerintah Tiongkok berusaha menggalang boikot terhadap upacara Nobel itu, dengan memperingatkan negara yang hadir akan menanggung konsekuensi.

Panitia Hadiah Nobel Norwegia mengatakan enam negara menolak undangan menghadiri upacara pemberian hadiah Nobel Perdamaian bulan depan untuk disiden Tiongkok yang dipenjara, Liu Xiaobo.

Sekretaris panitia Geir Lundestad mengatakan, Rusia, Kazakhstan, Kuba, Maroko, dan Irak bersama Tiongkok tidak akan mengirim utusan ke upacara itu di Oslo tanggal 10 Desember. Menurutnya, hingga hari Kamis, 36 dari 58 negara yang diundang ke upacara itu telah menyatakan akan hadir, 16 negara belum memberikan jawaban, dan enam negara menolak hadir.

Pemerintah Tiongkok berusaha menggalang boikot terhadap upacara Nobel itu, dengan memperingatkan negara-negara lain mereka akan “menanggung konsekuensi” bila menghadiri upacara itu. Sebagian besar negara-negara Barat berencana hadir.

Liu kini menjalani hukuman penjara 11 tahun karena bersama aktivis lain menulis buku kecil untuk mendukung hak-hak demokrasi di Tiongkok. Lundestad mengatakan kecil kemungkinannya keluarga Liu akan diizinkan melakukan perjalanan ke Oslo untuk upacara pemberian hadiah itu.

XS
SM
MD
LG