Tautan-tautan Akses

15 Pemenang Nobel Desak G-20 Tekan Beijing agar Bebaskan Liu Xiaobo


Aktivis pro-demokrasi di Hongkong unjuk rasa menuntut pembebasan para tahanan politik oleh Beijing, termasuk Liu Xiaobo.

Aktivis pro-demokrasi di Hongkong unjuk rasa menuntut pembebasan para tahanan politik oleh Beijing, termasuk Liu Xiaobo.

Kelompok pemenang Nobel tersebut termasuk mantan Presiden AS Jimmy Carter, pemimpin spiritual Tibet Dalai Lama dan Uskup Afrika Selatan Desmond Tutu.

Limabelas pemenang Nobel telah mendesak para pemimpin dari negara anggota G-20 agar mendesak Tiongkok untuk membebaskan aktivis HAM Liu Xiaobo, penerima hadiah bergengsi itu baru-baru ini.

Dalam sebuah surat yang diterbitkan Senin, kelompok itu mengatakan pembebasan Liu akan merupakan sebuah pengakuan luar biasa terhadap transformasi mengesankan yang terjadi di Tiongkok dalam beberapa dekade terakhir ini.

Para penandatangan termasuk mantan Presiden Amerika Jimmy Carter, pemimpin spiritual Tibet Dalai Lama dan Uskup Afrika Selatan Desmond Tutu.

Liu Xiaobo adalah veteran dari unjuk rasa pro-demokrasi di Lapangan Tienanmen 1989 di Beijing, sekaligus merupakan tokoh aktivis HAM Tiongkok paling terkemuka. Ia kini sedang menjalani hukuman penjara 11 tahun berdasarkan tuduhan subversi.

Komite Nobel telah menganugerahkan dirinya hadiah Nobel untuk perdamaian tahun ini pada 8 Oktober lalu, meskipun diprotes secara keras oleh Beijing.

Para pemimpin negara G-20, termasuk Tiongkok, akan berkumpul di Seoul bulan depan.

XS
SM
MD
LG