Tautan-tautan Akses

Karzai Siap Buka Sidang Perdamaian di Kabul


Sekitar 1.600 delegasi akan menghadiri sidang perdamaian Afghanistan.

Sekitar 1.600 delegasi akan menghadiri sidang perdamaian Afghanistan.

Afghanistan sedang mempersiapkan konferensi tiga hari untuk menyusun konsensus nasional dalam mengakhiri perang saudara.

Presiden Afghanistan Hamid Karzai sedang mempersiapkan konferensi tiga hari di Kabul untuk menyusun konsensus nasional guna mengakhiri perang hampir sembilan tahun.

“Jirga," atau istilah bagi sidang tersebut akan dimulai pada hari Rabu. Sekitar 1.600 delegasi akan menghadiri sidang yang akan berlangsung di bawah tenda besar berpendingin. Para delegasi akan datang dari setiap kelompok masyarakat Afghanistan, termasuk para pemimpin suku, provinsi dan agama.

Sebagian delegasi kemungkinan adalah simpatisan Taliban, meskipun anggota kelompok Islam garis keras itu tidak diundang.

Invasi yang dipimpin Amerika menggulingkan Taliban digulingkan pada tahun 2001, tidak lama setelah serangan 11 September di New York dan Washington.

Kelompok Taliban mengatakan mereka tidak akan terlibat dalam pembicaraan damai, sampai pasukan asing menarik diri dari Afghanistan. Pada hari Selasa Taliban mengatakan semua delegasi jirga berafiliasi dengan pasukan asing dan pemerintah Afghanistan, dan menyebut para delegasi “boneka yang tidak berdaya."

XS
SM
MD
LG