Tautan-tautan Akses

Ledakan Roket dan Suara Tembakan Ganggu Jirga di Kabul


Presiden Hamid Karzai sedang berpidato, ketika roket pertama mengenai tanah, namun ia terus berpidato.

Suara roket-roket yang meledak dan tembakan senjata api telah bergema di seluruh ibukota Afghanistan, sementara konferensi perdamaian nasional sedang berlangsung.

Polisi dan saksi mengatakan paling sedikit dua roket mengenai tanah tidak jauh dari tempat dimana 1.600 delegasi dari seluruh Afghanistan berkumpul untuk mengadakan pertemuan tradisional atau 'jirga' hari ini. Para saksi mengatakan ledakan-ledakan itu disusul dengan tembakan senjata api dan helikopter kelihatan berkeliling di udara.

Para saksi juga mengatakan Presiden Afghanistan Hamid Karzai telah meninggalkan arena konferensi dengan konvoi lapis baja. Karzai tadinya sedang berpidato di hadapan para delegasi, ketika roket yang pertama mengenai tanah, tetapi Karzai terus berpidato.

Ribuan pasukan keamanan telah ditempatkan di sekeliling Kabul untuk mengamankan jirga, yang diadakan untuk membantu mencapai konsensus nasional mengenai cara membujuk pemberontak agar meletakkan senjata mereka.

Taliban mengolok-olok jirga tersebut, dan menyebut pemerintah Afghanistan yang sekarang sebagai “boneka yang tidak berdaya.” Pemerintah Afghanistan tidak mengundang kelompok Islamis garis keras tersebut untuk menghadiri jirga.

XS
SM
MD
LG