Tautan-tautan Akses

Menlu Clinton di Afghanistan untuk Pembicaraan Akhiri Perang


Menlu AS Hillary Clinton saat tiba di Kabul, Afghanistan (19/10).

Menlu AS Hillary Clinton saat tiba di Kabul, Afghanistan (19/10).

Clinton akan bertemu Presiden Karzai dan pejabat lainnya hari Kamis, untuk membicarakan transisi keamanan dan rekonsiliasi di Afghanistan.

Menteri Luar Negeri Amerika Hillary Clinton kini di Afghanistan guna melakukan pembicaraan yang bertujuan untuk menemukan solusi politik atas perang selama 10 tahun itu.

Hillary Clinton tiba di Kabul Rabu malam dalam lawatan yang tidak diumumkan sebelumnya.

Para pejabat Amerika mengatakan Menteri Luar Negeri Hillary Clinton akan bertemu Presiden Afghanistan Hamid Karzai dan pejabat-pejabat lainnya hari Kamis, untuk membicarakan transisi keamanan di Afghanistan dan proses rekonsiliasi itu.

Menteri Clinton juga akan mendiskusikan rencana dua konferensi mendatang tentang masa depan Afghanistan, yang akan diselenggarakan di Istanbul – Turki pada bulan November dan di Bonn – Jerman pada bulan Desember.

Pembicaraan damai pemerintah Afghanistan dengan Taliban telah terhenti sejak pembunuhan bulan lalu atas mantan presiden Burhanuddin Rabbani – yang juga Ketua Dewan Perdamaian yang memimpin upaya Presiden Hamid Karzai untuk menjangkau para gerilyawan.

Seorang pelaku bom bunuh diri yang bertindak sebagai wakil Taliban menewaskan Rabbani di kediamannya di Kabul pada tanggal 20 September.

XS
SM
MD
LG