Tautan-tautan Akses

Clinton Berniat Desak Pakistan Terkait Masalah Militan


Presiden Afghanistan Hamid Karzai menyambut kunjungan Menlu AS Hillary Rodham Clinton di istana Presiden di Kabul (20/10).

Presiden Afghanistan Hamid Karzai menyambut kunjungan Menlu AS Hillary Rodham Clinton di istana Presiden di Kabul (20/10).

Menlu Clinton mengatakan di Kabul, ia berniat akan mendesak Pakistan agar membersihkan tempat-tempat persembunyian Taliban di perbatasan.

Menteri Luar Negeri Amerika Hillary Clinton mengatakan ia berniat akan mendesak Pakistan dengan sangat kuat agar membersihkan tempat-tempat yang diduga lokasi berlindung Taliban di wilayah perbatasan mereka.

Clinton mengemukakan pernyataan itu di samping Presiden Afghanistan Hamid Karzai, hari Kamis di Kabul. Clinton dijadwalkan tiba di Islamabad pada siang harinya bersama dengan direktur badan intelijen Amerika David Petraeus dan pejabat tinggi militer Jenderal Martin Dempsey untuk mengadakan pertemuan dengan para pejabat tinggi Pakistan.

Clinton dan Karzai bertemu hari Kamis untuk membahas upaya-upaya rekonsiliasi dengan Taliban dan pengalihan tanggungjawab keamanan di negara yang dilanda perang itu.

Pada konferensi pers di Kabul, Clinton mengatakan Pakistan berperan penting bagi masa depan Afghanistan dan bahwa negara-negara tetangganya serta Amerika Serikat harus bekerja sama untuk mengatasi ancaman Taliban.

Ia mengatakan Pakistan akan dipertimbangkan untuk mengambil peran utama dalam menghadapi kelompok militan.

Para pejabat Amerika dan Afghanistan menuduh Pakistan mendukung kelompok-kelompok pemberontak di Afghanistan, tuduhan yang dibantah Islamabad.

XS
SM
MD
LG