Tautan-tautan Akses

Kapal Selam Robot Kembali Cari Pesawat Malaysia


Awak kapal Australia Ocean Shield memindahkan kapal selam AS Bluefin-21 untuk diluncurkan ke Samudera Hindia untuk mencari Malaysia Airlines (14/4).

Awak kapal Australia Ocean Shield memindahkan kapal selam AS Bluefin-21 untuk diluncurkan ke Samudera Hindia untuk mencari Malaysia Airlines (14/4).

Australia mengatakan kapal selam itu dikerahkan kembali setelah pihak berwenang tidak menemukan apapun yang menarik dalam data dari misi pertamanya.

Kapal selam robot terus melakukan pencarian rongsokan pesawat penumpang Malaysia yang hilang, sehari setelah misi awalnya dipersingkat karena air terlalu dalam.

Kapal selam Bluefin-21 menggunakan sonar untuk membantu menciptakan gambar tiga dimensi dasar Samudera Hindia bagian selatan, di mana pesawat Boeing 777 itu diyakini telah jatuh.

Misi awal kapal selam itu Senin malam (14/4) dihentikan setelah hanya enam jam ketika kapal selam itu mencapai daerah dengan kedalaman yang melampaui batas kedalaman operasinya, yakni 4.500 meter.

Badan Australia yang mengkoordinasi pencarian itu mengatakan Rabu kapal selam itu dikerahkan kembali setelah pihak berwenang tidak menemukan apapun yang menarik dalam data dari misi pertamanya.

Para pejabat Angkatan Laut Amerika telah memperingatkan bahwa kapal selam itu akan memerlukan waktu sampai dua bulan untuk memeriksa daerah seluas 600 kilometer persegi itu, yang belum pernah dipetakan.

Di permukaan, tim 14 pesawat terbang dan 11 kapal pada Rabu terus mencari puing-puing dan mendengarkan sinyal kotak hitam, walaupun pihak berwenang telah memperingatkan usaha ini akan segera diakhiri.
XS
SM
MD
LG