Tautan-tautan Akses

Kapal Selam Robotik Siap Mulai Pencarian Pesawat Malaysia


Kapal selam robotik tak berawak Bluefin-21 siap memulai lagi pencarian MH370 di Samudera Hindia (15/4).

Kapal selam robotik tak berawak Bluefin-21 siap memulai lagi pencarian MH370 di Samudera Hindia (15/4).

Sebuah kapal selam robotik siap memulai lagi pencarian pesawat Malaysia yang hilang di Samudra Hindia satu hari setelah menghentikan misi pertamanya.

Kapal selam tak berawak Bluefin-21 dioperasikan Senin (14/4) malam untuk memulai pencarian Malaysia Airlines MH 370 di dasar laut yang seharusnya berlangsung 16 jam.

Tetapi misi tersebut dipersingkat setelah kapal selam itu memasuki area yang melampaui batas kedalaman operasionalnya, 4.500 meter. Para pejabat Angkatan Laut Amerika menyatakan fitur keselamatan kapal selam itu membuat wahana bawah air tersebut kembali ke permukaan dan bahwa kapal itu tidak dalam keadaan rusak.

Menurut para pejabat, data yang dikumpulkan dalam misi enam jam kapal selam tersebut dianalisa dan memperlihatkan tidak ada tanda-tanda mengenai pesawat yang hilang.

Pusat Koordinasi Bersama (JACC), yang mengkoordinasi pencarian, menyatakan, wahana itu akan dikerahkan lagi hari Selasa malam, jika kondisi cuaca membaik.

Kapal selam ini diluncurkan hampir sepekan setelah alat pencari suara terakhir mendeteksi sinyal yang diyakini berasal dari kotak hitam pesawat jet yang hilang itu.

Alat pemandu lokasi sinyal pada kotak-kotak perekam data penerbangan pesawat memancarkan sinyal-sinyal untuk mempermudah ditemukannya kotak tersebut. Tetapi baterai kotak hitam hanya bertahan sekitar satu bulan dan sekarang sudah hampir 40 hari jet itu menghilang.
XS
SM
MD
LG