Tautan-tautan Akses

Jepang Perjuangkan Nama Asia, Spanyol Hadapi Portugal

  • Arif Budiman

Pemain Denmark, Daniel Agger (kanan) meninggalkan lapangan setelah timnya kalah 1-3 dari Jepang dalam pertandingan terakhir babak pertama Grup E pekan lalu.

Pemain Denmark, Daniel Agger (kanan) meninggalkan lapangan setelah timnya kalah 1-3 dari Jepang dalam pertandingan terakhir babak pertama Grup E pekan lalu.

Tim Samurai Biru siap untuk kembali mencetak sejarah merebut satu tempat di perempat final untuk pertama kalinya.

Jepang akan menghadapi laga bersejarah melawan Paraguay di Stadion Loftus Versfeld, Pretoria, Selasa ini dalam lanjutan perdelapan final Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan.

Setelah mencatat sejarah untuk pertama kalinya lolos ke babak 16 besar di Piala Dunia yang dilangsungkan di luar Jepang, Tim Samurai Biru siap untuk kembali mencetak sejarah merebut satu tempat di perempat final untuk pertama kalinya.

Jepang lolos meyakinkan ke babak 16 besar meski hanya sebagai runner up Grup E dengan mengalahkan Denmark dan Kamerun di penyisihan grup. Pelatih Jepang Takeshi Okada mengatakan, timnya sangat termotivasi karena sebagi Tim ASia terakhir di turnamen akbar ini.

Meski demikian lawan Jepang kali ini bukan lawan yang mudah. Seperti Jepang, Paraguay yang memuncaki Grup F juga ingin mencatat sejarah untuk pertama kalinya lolos ke perempat final Piala Dunia. Paraguay bahkan punya catatan lebih baik dengan tiga kali lolos ke 16 besar dari empat Piala Dunia terakhir yang diikutinya.

Apalagi, berkaitan dengan sejarah, belum ada satupun tim Asia yang pernah mengalahkan tim Amerika Selatan di pentas Piala Dunia.

Di Cape Town, hari ini, tim peringkat dua dunia, Spanyol, yang memuncaki grup H, akan menghadapi runner-up Grup G, Portugal. Laga ini diperkirakan banyak pengamat akan menarik karena keduanya dianggap sebagai pesaing kuat sebelum turnamen digelar dan sama-sama mengejar gelap Juara Piala Dunia untuk pertamakalinya.

Swiss menundukkan Spanyol yang juara Eropa, 1-0, di pertandingan pembukaaan sebelum mengalahkan Honduras dan Chili. Sementara itu, Portugal bermain imbang tanpa skor saat melawan Pantai Gading dan Brazil, dan menghajar Korea Utara 7-0.

Brazil akan Bertemu Belanda

Brazil akan bertemu dengan Belanda pada perempat final Piala Dunia setelah meraih kemenangan secara meyakinkan 3-0 atas Chili di Johannesburg.

Gol pada babak pertama dari bek tengah Juan dan pemain penyerang Luis Fabiano membuat tim asuhan pelatih Dunga itu unggul 2-0 sebelum Robinho memastikan tempat perempat final mereka dengan gol ketiga setelah pertandingan berlangsung satu jam.

Brazil akan menghadapi Belanda, yang pada pertandingan sebelumnya mengalahkan Slovakia 2-1 di Port Elizabeth.

Ini merupakan kemenangan Brazil yang ke-47 dari 66 pertandingan melawan Chili, yang hanya tujuh kali menang dan merupakan pertemuan mereka yang ketiga di Piala Dunia setelah 1962 dan 1998.

Sementara itu, Arjen Robben dan Wesley Sneijder masing-masing mencetak satu gol yang membawa Belanda ke delapan besar Piala Dunia setelah menang 2-1 atas Slovakia di pertandingan babak kedua.

Pemain sayap Robben, yang tampil sejak awal pertandingan untuk pertama kalinya di Afrika Selatan, mencetak gol melalui usaha sendirian di menit ke-18 untuk membuat Belanda unggul, sebelum Sneijder menambah keunggulan timnya enam menit menjelang pertandingan usai.

Robert Vittek mencetak gol hiburan bagi Slovakia melalui tendangan penalti di menit terakhir pertandingan.

XS
SM
MD
LG